PENGARUH BERCERITA DENGAN BERBANTUKAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA SERAWAI ISLAMI DESA PASAR SELUMA

SEFTI, SARA (2023) PENGARUH BERCERITA DENGAN BERBANTUKAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA SERAWAI ISLAMI DESA PASAR SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I SARA SEFTI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II SARA SEFTI.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI SARA SEFTI _ 1911250033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh media boneka tangan terhadap keterampilan literasi anak usia 5-6 tahun di RA Serawai Islami Desa Pasar Seluma, adapun Metode penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia dini RA Serawai islami yang berjumlah 27 anak terdiri dari kelas A dan kelas B. Dengan sampelnya adalah kelas B sebanyak 14 anak. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan (observasi), pretest posttest dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji-t dilakukan terhadap 14 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel media boneka tangan dengan bercerita (X) dan signifikan terhadap keterampilan literasi anak usia 5 – 6 tahun (Y). Hal ini terlihat dari hasil uji-t yangmemperoleh nilai signifikan (p) sebesar 0,001 dengan taraf signifikan 0,01 sehingga p ≤ 0,01 yang berarti hipotesis ditolak. Hal tersebut merujuk pada rumus hipotesis yang menyatakan bahwa apabila nilai p ≥ 0,05 maka Ho diterima atau tidak ada pengaruh media boneka tangan dengan bercerita terhadap keterampilan literasi anak usia 5-6 tahun, dan apabila nilai p ≤ 0,05 maka Ho ditolak atau terdapat pengaruh media boneka tangan dengan bercerita terhadap keterampilan literasi anak usia 5-6 tahun. Hal ini berarti bahwa variabel media boneka tangan dengan bercerita (X) mempengaruhi variabel keterampilan literasi anak usia 5 – 6 tahun (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNirwana, Evi Selva197702182007012018UNSPECIFIED
Thesis advisorSyarifin, Ahmaf198006162015031003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr.Evi Selva Nirwana, M.Pd. pembimbing II:Ahmaf Syarifin,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Boneka Tangan,Keterampilan Literasi,Anak Usia 5-6 Tahun.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:23
Last Modified: 08 Sep 2023 03:23
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item