STRATEGI PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL-FALAH DI DESA TEBING KANING ARMA JAYA BENGKULU UTARA

Widya Pujangga Sari, Sela (2023) STRATEGI PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL-FALAH DI DESA TEBING KANING ARMA JAYA BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SELA WIDYA PUJANGGA SARI 1711330007.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana strategi pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’An (TPQ) Al-Falah Di Desa Tebing Kaning Arma Jaya Bengkulu Utara. (2) Faktor apa saja yang menghambat pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Falah di Desa Tebing Kaning Arma Jaya Bengkulu Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) AlFalah di Desa Tebing Kaning Arma Jaya Bengkulu Utara. Untuk mendeskripsikan faktor penghambat pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Falah di Desa Tebing Kaning Arma Jaya Bengkulu Utara. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bermanfaat memberikan informasi, fakta, dan data mengenai strategi pengelolaan TPQ. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu menentukan informan berdasarkan kriteria yang sudah peneliti terapkan. Jumlah informan dalam penelitian ini yakni 2 orang sebagai informan inti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa : 1. Strategi kertarbiyah yang diterapkan di TPQ Al-Falah arti penting perencanaan bagi kegiatan TPQ Al-Falah supaya kegiatan yang akan dijalankan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kedua, pengorganisasian penting dilakukan karena untuk memudahkan dalam menjalin komunikasi antar anggota, panitia, serta pengurus. Ketiga, TPQ Al-Falah dalam menggerakan setiap koordinator di bawahnya, yang dilakukan oleh pimpinan atau ketua adalah melakukan koordinasi dengan anggota dan memberikan motivasi yang membangun terhadap anggota disetiap akhir kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk evaluasi atau pengawasan. 2. Faktor penghambat pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Falah Desa Tebing Kaning Arma Jaya Bengkulu Utara adalah kekurangan dana. Ketika cuaca buruk anak-anak banyak yang tidak datang, ketika ada pesta dan acara di sekitar lingkungan menjadi terganggu ketika belajar mengajar. Pengajar atau pendidiknya sangat kurang, ditambah lagi santri yang sudah selesai mengaji sering jajan sembarangan di luar area gedung TPQ. Ustadz atau ustadzah yang sedang mengajar tidak bisa mengawasi santri tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYUHASWITA, YUHASWITA197006271997032002UNSPECIFIED
Thesis advisorCahyadi, Ashadi198509182011011009UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Yuhaswita, M.A, Pembimbing II : Ashadi Cahyadi, M.A,
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan,Taman Pendidikan Al-Qur’an
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:11
Last Modified: 12 Sep 2023 02:11
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item