STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA METODE DEBAT AKTIF DENGAN METODE CERAMAH PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 125 BENGKULU UTARA

Aulia, Nita (2023) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA METODE DEBAT AKTIF DENGAN METODE CERAMAH PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 125 BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (skripsi)
NITA AULIA_1911240015.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara metode debat aktif dengan metode ceramah pada pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 125 Bengkulu Utara ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara metode debat aktif dengan metode ceramah pada pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 125 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental design, desain yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan datanya yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan SPSS Kolmogorov-Smirnov Test. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa hasil belajar dengan metode debat aktif lebih baik dibandingkan dengan metode ceramah pada pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 125 Bengkulu Utara. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai uji independent samples t-test (t-hitung) lebih besar dari t-tabel yaitu 2,258 > 2,048 atau nilai p < 0,05 maka dapat dikatakan adanya perbedaan rata-rata antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, SukarnoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNasution, AdamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: pembimbing 1:Drs. Sukarno, M.Pd pembimbing 2:Adam Nasution, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Debat Aktif, Metode Ceramah, Pembelajaran IPS.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:33
Last Modified: 29 Sep 2023 04:33
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1796

Actions (login required)

View Item View Item