PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP PANCASILA BENGKULU

Talia, Talia (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP PANCASILA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
Talia_Depan.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Talia_BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Talia_BAB II.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Talia_NIM. 1911290038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini terkait dengan materi pantun pada Kompetensi Dasar 3.13 dan 3.14 Bahasa Indonesia pada kelas VII SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah–langkah pengembangan bahan ajar pembelajaran pantun. Bahan ajar yang dikembangkan didesain sesuai dengan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan melalui kegiatan wawancara di SMP Pancasila Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pancasila Bengkulu. Instrumen pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara untuk memperoleh analisis kebutuhan dan kuesioner untuk memperoleh data validasi produk. Teknik analisis data pada penelitian ini ada 2, yaitu data kualitatif diperoleh saat melakukan wawancara dan hasil komentar dan saran pada kuesioner. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian validator terhadap modul. Hasil penelitian ini berupa modul pembelajaran sastra yang dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE. Langkah–langkah pengembangan ADDIE adalah (1) Analyze, (2) Development, (3) Design, (4) Implementation, dan (4) Evaluation. Pengembangan modul pembelajaran materi puisi untuk siswa kelas VII SMP Pancasila Bengkulu ini sudah layak menjadi modul pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa untuk menjadi suplemen tambahan dalam belajarnya. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, Bahasa dan design serta 1 guru dan 10 siswa, modul memperoleh nilai rata – rata akhir sebesar 4,455 dengan persentase 95%. Nilai akhir ini diperoleh dari penjumlahan skor rata – rata validator. Validator pertama adalah ahli materi yang melakukan penilaian terhadap modul dan diperoleh skor rata – rata sebesar 4,455 dengan persentase 95%.Penilaian oleh guru memperoleh skor rata-rata 4,65 dengan persentase 92%. Dari keseluruhan hasil skor rata – rata yang didapatkan, kualitas bahan ajar ini menghasilkan jumlah sebesar 21, 50. Hasil penjumlahan skor rata – rata ini kemudian dihitung rata – ratanya sehingga mendapatkan nilai rata – rata akhir sebesar 4,65 dengan persentase 95% dan masuk ke dalam kategori “Sangat Baik”. Modul dikatakan sangat baik juga berdasarkan 4 aspek modul yang baik terdiri dari (1) Kelayakan isi/ materi, (2) Komponen kebahasaan, (3) Komponen Penyajian dan (4) komponen kegrafikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorJuni Astuti, Dina Putri199006022019032010UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Khermarinah,M.Pd.I Pembimbing II:Dina Putri Juni Astuti.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Bahasa Indonesia Materi Menulis Pantun, Siswa Kelas Vll SMP Pancasila Bengkulu
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:20
Last Modified: 03 Oct 2023 03:20
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item