PROBLEMATIKA GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 64 BENGKULU UTARA KECAMATAN MARGA SAKTI

AGUSTINA, DIAH (2023) PROBLEMATIKA GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 64 BENGKULU UTARA KECAMATAN MARGA SAKTI. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
DIAH AGUSTINA 1911270058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan tentang permasalahan permasalahan Guru yang terjadi di SMPN 64 Bengkulu Utara pada penerapan pembelajaran mata pelajaran pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan (field research) yaitu: suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan, dimana peneliti adalah sebagai instumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis data bersifat bersifat kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Perubahan kurikulum dari waktu kewaktu bukan tanpa alasan dan landasan yang jelas, sebab perubahan ini disemangati oleh keinginan untuk terus memperbaiki, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas sistem pendidikan nasional. Perubahan kurikulum dari waktu kewaktu bukan tanpa alasan dan landasan yang jelas, sebab perubahan ini disemangati oleh keinginan untuk terus memperbaiki, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas sistem pendidikan nasional. Penerapan kurikulum merdeka belajar di SMPN 64 Bengkulu Utara yaitu kurikulum ini dengan pembelajaran intrakurikuler yang bermacam-macam agar peserta didik lebih optimal dan memiliki konsep dan menguatkan kompetensi yang dimilikinya. penerapannya pada pembelajaran, kurikulum merdeka telah dikembangkan menjadi kurikulum yang lebih variabel namun tetap fokus pada materi-materi yang mendasar, pengembangan karakter serta kompetensi pada siswa. Dengan adanya kurikulum merdeka ini agar bisa memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang aktif, diharapkan siswa tetap antusias dan mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSamsudin, Samsudin196606051997021003UNSPECIFIED
Thesis advisorSyahbudin, Rizkan198107272007102004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Samsudin, M.Pd Pembimbing II:Drs.RizkanSyahbudin M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problematika, Guru Ilmu Pengetahun Sosial, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:17
Last Modified: 04 Oct 2023 03:17
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item View Item