KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH DALAM KITAB TUHFATUL MAUDUD BI AHKAMIL MAULUD (HANYA UNTUKMU ANAKKU) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Permata, Dia (2023) KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH DALAM KITAB TUHFATUL MAUDUD BI AHKAMIL MAULUD (HANYA UNTUKMU ANAKKU) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
BAB I.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
DIA PERMATA_NIM 1911210023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana pandangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah tentang konsep pendidikan anak serta bagaimana pula relevansinya dengan pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian library research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Adapun sifat dari penelitian ini termasuk “deskriptif kualitatif”. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang berkaitan dengan data primer maupun sekunder. Hasil penelitian yang peneliti temukan terkait dengan : konsep pendidikan anak menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitab tuhfatul maudud bi ahkamil maulud (hanya untukmu anakku) dan relevansinya dengan pendidikan islam, bahwa pada fase perkembangannya dimulai sejak manusia berada pada fase:memilih jodoh, perkawinan, prenatal, melahirkan. Kesemuanya itu nantinya diharapkan akan mendapatkan keturunan yang terbaik dan mampu memperoleh apa yang menjadi tujuan pendidikan. Tahapan yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak terbagi menjadi dua periode, yaitu: a) Periode pendidikan anak usia 0– 2 tahun dengan memberikan perhatian melalui rangsangan pendidikan adzan dan iqamah di telinga anak, mentahnik anak, memberi nama yang baik bagi anak, menyusui dan menyapih anak, aqiqah untuk anak, dan mengkhitan anak. b) Periode pendidikan anak usia 3–6 tahun dengan memberi stimulus berupa pendidikan iman, pendidikan fisik, pendidikan sosial, dan pendidikan mental-intelektual. 1) Pendidikan anak menurut persfektif agama islam. 2) Pendidikan anak menurut para ahli. 3) Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak usia dini dalam terjemah kitab Tuhfad Al-Maudūd bi Ahkām Al�Maulūd karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah mencakup tiga aspek, xi yaitu: Faktor genetik (keturunan), faktor lingkungan, dan faktor lingkungan keluarga .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorSatrisno, Hengki199001242015031005UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I : Dr. Irwan Satria M.Pd. s PEMBIMBING II : Hengki Satrisno M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah, Konsep Pendidikan Anak Relevansinya dengan Pendidikan Islam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:32
Last Modified: 04 Oct 2023 03:46
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item