PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP NEGERI 36 SELUMA

ANGRAINI, YELLA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP NEGERI 36 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
YELLA ANGRAINI NIM. 1811210193.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tentang adanya pengaruh pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 36 Seluma. Dalam kegiatan pembelajaran masih terdapat kurang maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan indikasi pembelajaran yang disebabkan oleh kurangnya aktifitas siswa dalam proses pembelajaran, dikarenkan kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan sehingga membuat siswa jenuh siswa kurang memahami dan kurang dalam berpikir kritis terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah. Penulis mencoba melakukan eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 36 Seluma. Tujuan penelitian ini dilakukan guna mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran berbasisHigher Order Thinking Skill (HOTS) dan model pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII SMP 36 Seluma. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Quasy Eksperimen Design atau sebuah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain, dan menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksprimen. Dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan tekhnik pengumpulan data di antaranya adalah wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS). Hasil analisis penelitian menjelaskan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Lokal kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Seluma. Hasil tersebut dibuktikan dengan uji Independent sample t test diperoleh t hitung (4,240) > t table (2,037) dan signifikan (0,000) < 0,05 lihat pada tabel 4.19. Hasil penelitian ini menggunakan uji deskriptif yang memperoleh rata-rata hasil postes local eksperimen 79,76 dan lokal control 67,82 lihat pada tabel 4.16. Hasil rata�rata menjelaskan terdapat hasil postes lokal eksperimen jauh lebih baik dari lokal kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMindani, Mindani196908062007101002UNSPECIFIED
Thesis advisorNastion, Adam2010088202UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Mindani, M.Pd Pembimbing II:Adam Nastion, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking Skill (Hots), hasil belajar, pendidikan agama islam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:20
Last Modified: 05 Oct 2023 01:20
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1835

Actions (login required)

View Item View Item