PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 MI ASY-SYIFA KOTA BENGKULU

PUTRI ELDANI, NINDIA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 MI ASY-SYIFA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
BAB II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
NINDIA PUTRI ELDANI_1611240170.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Untuk mendukung sistem pembelajaran pada anak didik kelas 1 maka diperlukan adanya perencanaan pembelajaran yang terstruktur, pemilihan dan penggunaan model serta evaluasi yang tepat sebagai perbaikan dan penyempurnaan dari sistem pembelajaran tersebut. Selama proses pembelajaran sering menggunakan metode ceramah dan diselingi dengan tanya jawab serta terkadang menggunakan media atau model pembelajaran yang sesuai dengan materi, situasi dan kondisi siswa. Meskipun siswa respon terhadap model pembelajarannya, ada saja yang membuat mereka kurang fokus. Padahal pembelajaran dituntut untuk bisa merancang kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui apakah penerapan dari model pembelajaran scramble untuk keterampilan berbahasa indonesia di kelas kelas 1 MI Asy-Syifa Kota Bengkulu ini efektif dilakukan atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di MI Asy-Syifa Kota Bengkulu, berdasarkan hasil uraian dan analisa data yang penulis peroleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble terhadap keterampilan berbahasa indonesia di MI Asy-Syifa Kota Bengkulu menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dapat meningkatkan keterampilan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dan berpengaruh pula terhadap hasil belajar peserta didikyang semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairiah, Khairiah196805151997032004UNSPECIFIED
Thesis advisorAlimni, Alimni197504102007102005UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I : Dr. Hj. Khairiah, M.Pd PEMBIMBING II : Dr. Alimni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran scramble, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:17
Last Modified: 05 Oct 2023 02:17
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item View Item