PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH PLUS DISKUSI DAN TUGAS SISWA SMP NEGERI 28 BENGKULU UTARA

Frizilia, Frizilia (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH PLUS DISKUSI DAN TUGAS SISWA SMP NEGERI 28 BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI FULL FRIZILIAN_NIM_1911210163.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah plus diskusi dan tugas serta mendeskripsikan proses pembelajaran dapat terlakasana dengan baik dengan pengkombinasian metode ceramah plus diskusi dan tugas. Proses pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan memanfaatkan sarana yang tersedia untuk memperoleh hasil belajar secara optimal. Jadi, pembelajaran dapat terwujud dengan baik apabila ada interaksi antara guru dan siswa, sesama siswa atau dengan sumber belajar lainnya. Dalam proses pendidikan memuat berbagai kegiatan dan pelajaran baik yang dilaksanakan di dalam kelas maupun diluar kelas dan dengan berbagai macam metode, seperti metode ceramah, diskusi, dan metode tugas. Maka dalam penelitian ini metode ceramah plus menjadi fokus bagi peneliti untuk dijadikan obyek penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara (Interview), teknik pengamatan (Observasi), dan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ceramah plus, meliputi metode ceramah, diskusi, dan tugas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan pilihan yang tepat. Karena dengan penerapan metode yang tepat mampu meningkatkan pemahaman materi pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMindani, Mindani196908062007101002UNSPECIFIED
Thesis advisorUtami, Intan199010082019032009UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mindani, M.Ag Pembimbing II : Intan Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran ceramah plus, Pendidikan Agama Ilam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:36
Last Modified: 05 Oct 2023 02:36
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item View Item