PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERINTEGRASI (SAINS DAN AL-QUR’AN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TATA SURYA DI SMPN 12 KOTA BENGKULU

ANGGITA, MONIKA DWI (2023) PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERINTEGRASI (SAINS DAN AL-QUR’AN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TATA SURYA DI SMPN 12 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
MONIKA DWI ANGGITA_1911260017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurang adanya penggunaan variasi model pembelajaran, guru hanya berpatokan pada buku, jadi proses pembelajarannya kebanyakan berlangsung hanya dengan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajan. Pembelajaran IPA yang tidak menampilkan ciri khas dari integrasi IPA dan Al-qur’an seperti yang di sampaikan pada kurikulum 2013, masih belum adanya penerapan tersebut secara formal dalam proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran dilakukan secara terpisah, artinya pelajaran agama hanya membahas masalah agama begitupun pelajaran IPA hanya membahas matematis dan teoritis tanpa memperhatikan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model inquiry learning terintegrasi (sains dan al-qur’an) terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu pada pokok bahasan Tata Surya. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan quasy eksperimen. Desain penelitian yang digunakan control group pretest and posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ada seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Kota Bengkulu yang berjumlah 149 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas kontrol (kelas VIII C) dan 30 kelas eksperimen (kelas VIII D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, soal test dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu soal test pilihan ganda yang berjumlah 40 butir pertanyaan. Kelas ekpserimen diberikan perlakuan berupa model inquiry learning terintegrasi (sains dan al-qur’an) sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan biasa seperti pembelajaran konvensional yang biasa dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan skor posttest 82,08 > 75,08 dan dengan tingkat signifikansi (2 tailed) < 0,05 dengan nilai 0,01. Maka terdapat pengaruh siswa yang menggunakan model inquiry learning terintegrasi (sains dan Al-qur’an) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 12 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Deni197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorTopano, Adrian2027099203UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Deni Febrini, M.Pd. Pembimbing II: Adrian Topano M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Inquiry Learning, Integrasi, Sains, Al-qur’an, Hasil Belajar Kognitif, Tata Surya.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:14
Last Modified: 06 Oct 2023 03:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item View Item