PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SOSIAL FINANSIAL ANAK USIA DINI

FADILLAH ALFARIZKA, DZIKRA (2023) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SOSIAL FINANSIAL ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN DZIKRA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (THESIS)
TESIS ZIKRA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan era globalisasi memasuki abad 21 menuntut kesiapan seluruh bidang yang mengiringi perkembangan tersebut. Pada bidang pendidikan, baik pendidik maupun peserta didik harus siap dalam menghadapi era ini. Untuk kesiapan tersebut peserta didik sejak usia dini harus diberikan pendidikan yang membentuk dan mengembangkan seluruh potensinya sesuai dengan bakat dan minat serta usianya, dengan harapan nantinya peserta didik siap dan dapat berkompetitif, oleh karenanya kemampuan literasi sosial dan finansial sejak usia dini Tujuannya adalah untuk menanamkan kepekaan sosial terhadap anak agar anak dapat bersosialisasi dengan baik terhadap teman sebaya, adik, dan orang yang lebih tua darinya selain itu juga diharapkan anak dapat menerapkan hidup hemat sejak dini dan dapat memilih antara kebutuhan dan keinginan anak. Anak akan lebih mudah memahami jika guru dapat memodifikasi pembelajaran dengan berbagai metode pembelajaran agar anak tidak bosan dengan metode bercerita pembelajaran yang disampaikan oleh guru dapat lebih menyenangkan bagi anak anak. Adapun tujuan penelitian ini yaitu melihat apakah terdapat pengaruh metode bercerita yang di terapkan oleh guru terhadap perkembangan kemampuan literasi sosial dan finansial anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 orang anak yang di TK Aisyiyah VII Kota Bengkulu, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling total, dimana dengan menggunakan seluruh populasi yang ada yaitu 21 orang. Pengumpulan data menggunakan tes penilaian, observasi dan dokumentasi. Analisa data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita terhadap kemampuan literasi sosial dan finansial anak usia dini di TK Aisyiyah VII Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikannya 5% ( = 4,574 sedangkan ˃ = 1,729 dengan N-2 = 19 dan taraf menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode bercerita terhadap peningkatan kemampuan literasi sosial dan finansial anak usia dini di TK Aisyiyah VII Kota Bengkulu diterima, diketahui nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,568. Besarnya angka koefisien determinasi R Square adalah 0,568 atau sama dengan 56,8%. Kemampuan literasi sosial dan finansial anak usia dini yang ditingkatkan dalam penelitian ini melalui buku cerita yaitu, tolong menolong, gotong royong, kerja sama, hidup hemat, suka berbagi, dan mengenal antara kebutuhan dan keinginan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSelva Nirwana, Evi197702182007012008UNSPECIFIED
Thesis advisorBahri, Husnul196209051990021001UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Evi Selva Nirwana, M.Pd Pembimbing II : Dr. Husnul Bahri, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita, Literasi sosial dan finansial, Anak usia dini
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:13
Last Modified: 13 Oct 2023 07:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item