PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KLS V SDN 12 TEBAT KARAI KEPAHIANG

Sundari, Weli (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KLS V SDN 12 TEBAT KARAI KEPAHIANG. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
WELI SUNDARI NIM. 1911240107.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Di Kls V SDN 12 Tebat Karai Kepahiang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan preexperimental design, subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 12 Tebat Karai Kepahiang dengan jumlah siswa 34 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar dengan 20 item pertanyaan sebagai data utama. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah Uji T berbantuan SPSS 26 for windows. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Di Kls V SDN 12 Tebat Karai Kepahiang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Wilcoxon yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara post-test dan pre-test hal ini dapat diketahui dari Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Zscore adalah -4.859. Nilai ini menunjukkan bahwa perbedaan antara Postes Hasil Belajar dan Pretes Hasil Belajar signifikan secara statistik. Nilai signifikansi (Asymp. Sig.) yang diberikan adalah 0.000, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel Postes Hasil Belajar dan Pretes Hasil Belajar, hal ini juga menjelaskan bahwa hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Adapun besaran pengaruh Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Tematik Siswa Kelas V SDN 12 Tebat Karai, adalah sebesar 74,6% pada kategori sangat tinggi dalam mempengaruhi antar variabel penelitian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnsyah, Edi197007011999032002UNSPECIFIED
Thesis advisorLukman, Lukman197005252000031003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Prof.Dr.Edi Ansyah,M.Pd Pembimbing II : Drs.Lukman,SS.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:25
Last Modified: 13 Oct 2023 07:25
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item