PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Fransisca, Deby (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
DEBY FRANSISCA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) Terintegrasi nilai-nilai keislaman terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah jumlah 28 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument test. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji pra syarat yaitu (uji normalitas data dan uji homogenitas data) dan menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 62,3 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning sebesar 68,4. Sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 60,3 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol dengan tanpa menggunakan model problem based learning sebesar 66,4. Adapun teknik analisa yang digunakan yaitu rumus Uji t. Uji t berguna untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh parsial(sendiri) yang diberikan variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Hasil uji hipotesis yang diperoleh terlihat nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti <0.05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran problem based learning terintegrasi nilai-niai keislaman terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Kelas III SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Dari pada tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorNurhikma, Nurhikma198709192019032004UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I:Dr. Khermarinah, M.Pd.I PEMBIMBING II:Nurhikma, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:00
Last Modified: 13 Oct 2023 08:00
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item