The Effect of EFL Students’ Listening Skill Using Toy Story English Subtitle Movie (Quasi Experiment at 8 th Grade Students in SMPN 21 Kota Bengkulu)

Aresta, Renza (2023) The Effect of EFL Students’ Listening Skill Using Toy Story English Subtitle Movie (Quasi Experiment at 8 th Grade Students in SMPN 21 Kota Bengkulu). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
RENZA ARESTA_1911230007.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh yang signifikan pada kemampuan mendengar terhadap siswa yang diajarkan dengan menggunakan film Toy Story subtitle bahasa inggris dengan yang tidak diajarkan di SMP 21Kota Bengkulu.Adapun jenis penelitiannya adalah quasi-experiment.Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas delapan di SMP 21Kota Bengkulu. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil dua kelas sebagai sampel. Kelas VIII.3 yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas control. Instrument dalam penelitian ini adalah tes yang tediri dari pre-test dan post-test.Data penelitian ini diambil dari siswa dalam kemampuan mendengar yang dikumpulkan dengan dua tes, yaitu pre-test dan pos-test. Pre-test digunakan untuk menentukan kemampuan mendengarkan siswa sebelum mendapatkan perlakuan dan post-test digunakan untuk menentukan kemampuan mendengarkan siswa setelah treatment. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas experiment adalah 33,62 dengan standar devisiasi 9,533. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas control adalah 37,67 dengan standar devisiasinya adalah 9,260. Hal ini berarti bahwa kedua kelas tersebut mempunyai variasi nilai dan tidak berbeda secara signifikan. Selanjutnya, nilai rata-rata post-test siswa kelas experiment yang telah diberikan treatment dengan menggunakan teknik audio visual berupa film subtitle bahasa inggris adalah 74,83 dengan standar devisiasinya 8,071, sedangkan nilai rata-rata post-test xviii siswa kelas control dengan menggunakann teknik kompensional adalah 44,17 dengan standar devisiasinya adalah 15,148 ini berarti ada peningkatan dari dua kelas tersebut setelah diadakan treatment. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan rumus dari independent dan paired sample T-test menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan analisis t-test, nilai sig. adalah 0.000.Hal ini dapat disimpulkan bahwa 0.000<0.05 yang berarti nul hipotesis (Ho) ditolak dan alternative hipotesis (H1) diterima. Peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam menggunakan film Toy Story subtitle bahasa inggris terhadap kemampuan mendengar siswa SMP 21Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZasrianita, Fer197290217200912003UNSPECIFIED
Thesis advisorUtami, Valisneria198903232019032010UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Fera Zasrianita, M.Pd Pembimbing II : Valisneria Utami, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mendengarkan, Film Toy story subtitle bahasa inggris
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:27
Last Modified: 16 Oct 2023 02:27
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item