PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACASISWA DI KELAS V SD NEGERI 41 KOTA BENGKULU

DEYES FITRI, YOMA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACASISWA DI KELAS V SD NEGERI 41 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI YOMA DEYES FITRI _ 1911240232.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masalah yang melatarbelakang penelitian ini yaitu Rendahnya kemampuan literasi membaca. Hal ini ditunjukan dengan adanya persoalan terdapat siswa apabila diberi tugas untuk menyimpulkan teks nonfiksi siswa masih ada yang belum mampu menyimpulkan secara benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam kemampuan literasi membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN 41 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen (Quasi Eksperimen Design), pendekatan Nonequivalent Posttest-Only Control Group Designs, dimana pada penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, teknik pengumpulan data melalui tes. Populasi diambil dari keseluruhan siswa SDN 41 Kota Bengkulu, sampel yang diambil dari kelas IV A dan B sebanyak 56 orang. Teknik analisis data menggunakan rumus Liliefors. Pada uji-t pada posttest yang telah dilakukan dengan t-hitung Proses pembelajaran dilakukan 4 kali pertemuan. 2 pertemuan di kelas V B (kelas eksperimen) dan 2 kali pertemuan pada kelas V A (kelas kontrol). Hasil uji yang sudah dilakukan pada data Pre-test, terlihat nilai signifikansi sebesar 0.153 yang berarti >0.05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara literasi membaca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas V SD Negeri 41 kota Bengkulu. Hasil uji yang sudah dilakukan pada data Post-test, terlihat nilai signifikansi sebesar 0.070 yang berarti > 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan literasi membaca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas V SD Negeri 41 kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorNurhikma, Nurhikma198709192019032004UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I : Dr. Khermarinah, M.Pd.I. PEMBIMBING II : Nurhikma, M,Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran problem based learning dalam kemampuan literasi membaca, hasil belajar, bahasa indonesia
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:59
Last Modified: 16 Oct 2023 07:59
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2191

Actions (login required)

View Item View Item