UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN MENULIS KALIGRAFI DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-UM BENGKULU UTARA

YAYUS UTAMI, LIU (2023) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN MENULIS KALIGRAFI DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-UM BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
LIU YAYUS UTAMI_1911240216.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan menulis kaligrafi merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial peserta didik. Melalui kegiatan menulis kaligarfi dapat membantu seni anak, kesadaran, dan kreativitas anak. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan anak dalam menulis huruf-huruf tunggal, huruf sambungan, tata letak huruf, proporsi huruf dan pemegangan penanya pada saat menulis kaligrafi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengindentifikasi, 1) upaya guru dalam mengembangkan keerdasan visual spasial peserta didik melalui kegiatan pembelajaran menulis kaligrafi, 2) faktor penghambat dan pendukung upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial peserta didik melalui pembelajaran menulis kaligrafi. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Subyek yang diteliti adalah guru kaligrafi, wali kelas dan siswa Madrasah Ibtida‟iyah AL-UM. Teknik pengumpulan data dala penelitian ini silakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan melalui tahapan, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial peserta dididk melalui pembelajaran menulis kaligrafi melalui kegiatan membuat garis, pola dan bentuk, mencoret-coret, menggambar, mewarnai, mengunjungi berbagai tempat. 2) faktor penghambat dan pendukungnya meliputi sarana prasaran yang memadai, dan guru atau pembina kaligrafi yang profesional, dan semangat peserta didik pada pembelajaran menulis kaligrafi. Sehingga dapat disimpulkan guru mendidik, membimbing, mengarahkan, serta mengevaluasi, guru mempermudah siswa dengan menjadikan dirinya sebagai contoh teladan. Maka dapat disarankan bahwa, agar guru dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial peserta didik melalui pembelajaran menulis kaligrafi dan selalu mengarahkan, memberikan motivasi kepada peserta didik agar dapat meningkatkan pembelajaran menulis kaligrafi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairi, Qolbi198107202007101003UNSPECIFIED
Thesis advisorHeriadi, Meddyan198907082019031004UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I : (DR. Qolbi Khairi, M.Pd) PEMBIMBING II : (Meddyan Heriadi, M.Pd)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kecerdasan Visual Spasial, Kegiatan Pembelajaran Menulis Kaligrafi
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:27
Last Modified: 16 Oct 2023 08:27
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item