YAYUS UTAMI, LIU (2023) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN MENULIS KALIGRAFI DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-UM BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI)
LIU YAYUS UTAMI_1911240216.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kegiatan menulis kaligrafi merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial peserta didik. Melalui kegiatan menulis kaligarfi dapat membantu seni anak, kesadaran, dan kreativitas anak. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan anak dalam menulis huruf-huruf tunggal, huruf sambungan, tata letak huruf, proporsi huruf dan pemegangan penanya pada saat menulis kaligrafi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengindentifikasi, 1) upaya guru dalam mengembangkan keerdasan visual spasial peserta didik melalui kegiatan pembelajaran menulis kaligrafi, 2) faktor penghambat dan pendukung upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial peserta didik melalui pembelajaran menulis kaligrafi. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Subyek yang diteliti adalah guru kaligrafi, wali kelas dan siswa Madrasah Ibtida‟iyah AL-UM. Teknik pengumpulan data dala penelitian ini silakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan melalui tahapan, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial peserta dididk melalui pembelajaran menulis kaligrafi melalui kegiatan membuat garis, pola dan bentuk, mencoret-coret, menggambar, mewarnai, mengunjungi berbagai tempat. 2) faktor penghambat dan pendukungnya meliputi sarana prasaran yang memadai, dan guru atau pembina kaligrafi yang profesional, dan semangat peserta didik pada pembelajaran menulis kaligrafi. Sehingga dapat disimpulkan guru mendidik, membimbing, mengarahkan, serta mengevaluasi, guru mempermudah siswa dengan menjadikan dirinya sebagai contoh teladan. Maka dapat disarankan bahwa, agar guru dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial peserta didik melalui pembelajaran menulis kaligrafi dan selalu mengarahkan, memberikan motivasi kepada peserta didik agar dapat meningkatkan pembelajaran menulis kaligrafi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | PEMBIMBING I : (DR. Qolbi Khairi, M.Pd) PEMBIMBING II : (Meddyan Heriadi, M.Pd) | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Kecerdasan Visual Spasial, Kegiatan Pembelajaran Menulis Kaligrafi | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2023 08:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Oct 2023 08:27 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2200 |
Actions (login required)
View Item |