Frisga, Kania (2023) PELAKSANAAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN MORAL SISWA KELAS III DI SD 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
|
Text
HAL DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (248kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI)
KANIA FRISGA 1911240213 REV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Moral telah menjadi kesadaran bersama dalam dunia pendidikan, pendidikan seharusnya tidak hanya menunjukkan pengetahuan moral, tetapi juga menunjukkan cinta dan kemauan untuk berperilaku moral. Namun, mengajarkan dan menanamkan moral pada anak bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu dibutuhkan teknik dan metode tertentu yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan dan menanamkan moral pada anak-anak, salah satunya adalah bercerita. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode bercerita dalam meningkatkan moral siswa. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini mempunyai arti penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Penelitian dilaksanakan di kelas III SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Terdiri dari dua data berupa data primer berupa Kepala sekolah, guru kelas III dan sumber-sumber serta data sekunder mencakup dokumen penelitian. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan metode bercerita dalam menanamkan moral siswa kelas III di SDN 32 Kota Bengkulu dapat menjadikan pengetahuan anak menjadi lebih luas, anak bisa berfikir dan membedakan baik buruk, anak menceritakan kembali isi cerita yang telah diceritakan guru, perilaku anak setelah dibacakan cerita menjadi baik mencontoh dari cerita yang sebelumnya disampaikan guru. Jadi, melalui metode bercerita kita lebih mudah untuk membentuk perilaku anak dan mengambil contoh-contoh positif dari cerita yang telah disampaikan oleh guru. Selain itu metode bercerita sangat efektif untuk mengajarkan anak agar lebih aktif baik dalam bergaul dengan teman- teman dan lingkungannya, jauh lebih aktif dalam merespon pelajaran. Terakhir peneliti memberi masukan, seorang guru harus bisa berinovasi dan berkreasi dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas demi tercapainya tujuan pendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | PEMBIMBING I: Dr. Edi Ansyah, M.Pd PEMBIMBING II: Drs, Lukman. SS. M. Pd. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercerita, Moral Siswa | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Oct 2023 02:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Oct 2023 02:17 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2211 |
Actions (login required)
View Item |