LANGKAH-LANGKAH METODE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI SD NEGERI 82 SELUMA

Azhar Fuadi, Diyoba (2023) LANGKAH-LANGKAH METODE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI SD NEGERI 82 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
DIYOBA AZHAR FUADI NIM 1911240186.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : LangkahLangkah Metode Quiz Team Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Di SD Negeri 82 Seluma, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi lamgkah-langkah Metode Quiz Team pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Di SD Negeri 82 Seluma. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tektik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kegaiatan awal adalah tahapan awal guru saat akan memulai proses pembelajaran. Kegiatan inti adalah tahapan metode Quiz Team diterapkan. Selanjutnya kegiatan akhir dimana kegiatan ini bukan hanya sekedar kegiatan penutup melainkan kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik dan kegiatan tindak lanjut serta menyimpulkan materi pembelajaran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi Langkah-langkah metode Quiz Team pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 82 Seluma adalah : pertama faktor pendukung yaitu, guru kelas, fasilitas yang memadai serta situasi dan kondisi kelas yang diarahkan oleh guru sehingga menjadi kondusif. Kedua faktor penghambat, yaitu kesulitan dalam menghadapi perbedaan individu, waktu yang digunakan cukup singkat dan jarangnya digunakan metode Quiz team. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Quiz team dapat membuat siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran dan menghilangkan rasa takut dalam diri siswa untuk bertanya, menjawab dan memberikan tanggapan/ide dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman19691222000032002UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz199111262019032013UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Suhirman, M.Pd, Pembimbing II : Abdul Aziz Mustamin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Langkah-Langkah Metode Quiz Team
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:29
Last Modified: 17 Oct 2023 03:46
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2232

Actions (login required)

View Item View Item