STRATEGI GURU MATA PELAJARAN ILM PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ROUDLOTUR ROSMANI KOTA BENGKULU

SEFTIANSARI, ANNISA (2023) STRATEGI GURU MATA PELAJARAN ILM PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ROUDLOTUR ROSMANI KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
ANNISA SEFTIANSARI_1911210145.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui Strategi Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial di Mts Roudlotur Rosmani Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan dan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa, Strategi guru mata pelajaran IPS dalam menumbuhkan sikap sosial siswa di Mts roudlatur Rosmani, strategi tersebut dimulai dari penjelasan terkait pentingnya mempunyai keterampilan dalam diri sendiri, cara menumbuhkan dan meningkatkan sikap sosial, dan manfaat memiliki keterampilan sosial. Selain itu, guru IPS tersebut tidak hanya menerangkan tentang teori, tetapi juga mengaplikasikan seperti apa teori yang dimaksud tersebut. Guru IPS meningkatkan sikap sosial siswa, akan lebih mudah untuk diterapkan. Sebagaimana mata pelajaran IPS sendiri, berusaha untuk membentuk dan membina karakter siswa agar menjadi jauh lebih baik. faktor penghambat mengenai Strategi Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Di MTs Roudlotur Rosmani Kota Bengkulu, yaitu faktor internal ketika siwa tidak ada keinginan atau niat untuk mengubah sikap sosial, maka guru sulit menumbuhkan sikap sosial kepada siswa. Sedangkan faktor eksternal, yaitu memberikan perhatian dan pemahaman secara baik kepada siswa dalam mendukung sosial menyemangati dalam kegiatan proses pembelajaran setiap pertemuan memberikan materi yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorIqbal, Moch1975505262009121001UNSPECIFIED
Thesis advisorSaepudin, Saepudin196802519997031002UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I : Dr. Moch Iqbal, M.Si PEMBIMBING II : Saepudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pelajaran IPS, Sikap Sosial
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:18
Last Modified: 17 Oct 2023 07:18
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2251

Actions (login required)

View Item View Item