PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI NURUL HUDA KOTA BENGKULU

WULANDARI, TRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text (THSIS)
TESIS TRI WULANDARI(2111540022).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media animasi terhadap minat belajar, dan apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media animasi terhadap hasil belajar Siswa kelas V pada pelajaran Akidah Akhlak di MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design, dengan menggunakan sampel sebanyak 51 siswa dengan 2 kelas, sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan SPSS 25.0. Pengambilan data untuk mendapatkan tes hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan Pretest dan Posttest dan untuk mendapatkan hasil minat belajar siswa diperoleh dengan mengunakan angket. Adapun hasil analisis deskriptif yang diperoleh didapatkan minat dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Kemudian pada uji Manova diperoleh signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0.05, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media animasi secara simultan terhadap minat dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media animasi terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran Akidah Akhlak di MI Nurul Huda Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRohimin, Rohimin196405311991031001UNSPECIFIED
Thesis advisorNurlaili, Nurlaili19750702000032002UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Prof. Dr. H. Rohimin, M.Ag Pembimbing II:Dr. Nurlaili, S.Ag, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, media animasi, hasil belajar, minat belajar.
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:21
Last Modified: 18 Oct 2023 04:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item