PENGARUH BERPIKIR KREATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU

SALSABILA ADHA, ADITA ALIFVIA (2023) PENGARUH BERPIKIR KREATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
ADITA ALIFVIA SALSABILAH ADHA_1911240135.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan akan kreativitas dalam penyelenggaraan pendidikan dewasa ini dirasakan merupakan kebutuhan setiap siswa. Setiap individu dituntut untuk mempersiapkan mentalnya agar mampu menghadapi tantangan-tantangan masa depan seperti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan bidang lainnya. Pengembangan potensi kreatif yang pada dasarnya ada pada setiap manusia perlu dilakukan, baik itu untuk perwujudan diri secara pribadi maupun untuk kelangsungan kemajuan bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh berpikir terhadap motivasi belajar siswa kelas rendah di SD Negeri 32 Kota Bengkulu, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitaif/ statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan Populasi dalam penelitian ini adalah kelas rendah yaitu kelas 1A di SD Negeri 32 Bengkulu dengan jumlah sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian Terdapat pengaruh yang signifikan antara berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa kelas rendah di SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Variabel berpikir kreatif memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, yang berarti semakin tinggi tingkat berpikir kreatif, semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Sekitar 22.6% variasi dalam motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh berpikir kreatif. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorbin Mustamim, Abdul Aziz198504292015031007UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Irwan Satria, M.Pd Pembimbing II:Abdul Aziz bin Mustamim, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:47
Last Modified: 18 Oct 2023 07:47
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item View Item