PENGGUNAAN MEDIA BALOK IQRA UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PEMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TERPADU WITRI 1 KOTA BENGKULU

GUMAI, FENI ATARI (2023) PENGGUNAAN MEDIA BALOK IQRA UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PEMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TERPADU WITRI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Feni Atari Gumai.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Penggunaan Media Balok Iqra Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Hijaiyah Pemulaan Anak Usia 4- 5 Tahun Di TK Terpadu Witri 1 Kota Bengkulu. Skripsi ini membahas tentang Penggunaan Media Balok Iqra Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Hijaiyah Pemulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Terpadu Witri 1 Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari penggunaan media balok iqra untuk pembelajaran mengenal huruf hijaiyah pemulaan anak usia 4-5. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis pre-eksperimental menggunakan desain one – group pretest – posttes design. Penelitian ini digunakan untuk memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data-data dari sekolah tersebut. Kemudian disusun dan dihitung dengan menggunakan rumus Pretest Perlakuan Posttest dan sampel di dalam penelitian ini menggunakan teknik sampe purposive sampling. Hasil dari analisis statistik deskriptif bahwa terjadi peningkatan pada pretes hingga postest itu dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan terhadap kemampuan pengenalan huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun dengan penggunaan media balok iqra. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui bahwa nilai sebesar 17,6. Dengan frekuensi (dk) sebesar 17- 1=16, pada taraf signifikansi 5% diperoleh = 1,746. Oleh karena pada taraf signifikansi 0,05. Maka hipotesisnya ditolak dan diterima. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media balok iqra terhadap pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa hipotesis yang diajukan diterima, dengan interprestasi adanya pengaruh dari penggunaan media balok iqra untuk pembelajaran mengenal huruf hijaiyah pemulaan anak usia 4-5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Deni197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayani, Masrifah197506302009012004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Deni Febrini, M.Pd Pembimbing II:Masrifah Hidayani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Balok Iqra,Pembelajaran Huruf Hijaiyah
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:05
Last Modified: 19 Oct 2023 07:05
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2353

Actions (login required)

View Item View Item