PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN 52 KOTA BENGKULU

PURNAMASARI, SEPTA (2023) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN 52 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN SEPTA PURNAMASARI NIM 1911240131.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SEPTA PURNAMASARI NIM 1911240131.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SEPTA PURNAMASARI NIM 1911240131.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI SEPTA PURNAMASARI NIM 1911240131.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SDN 52 Kota Bengkulu, yang bermaksud untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif ex-post facto. Hasil penelitian berdasarkan proses analisis atau perhitungan yang diperoleh diketahui diketahui 7,363 ˃ = 4,24 dan signifikansinya = 0,12 ˃ 0,05. Maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis (ha) diterima yang berati terdapat pengaruh pendekatan konstruktivisme (variable X) terhadap motivasi belajar siswa (variable Y) dan hipotesis (ho) ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dikelas V SDN 52 Kota Bengkulu. Setelah adanya penelitian tersebut membuktikan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu siswa lebih bersemangat dalam belajar matematika dimana siswa dapat menemukan sendiri kompetensi dan pengetahuannya guna mengembangkan kemampuan yang sudah ada dalam dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawan, Kurniawan198309222023211014UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Aziza Aryati, M.Ag. Pembimbing II:Dr. Kurniawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengaruh pendekatan konstruktivisme, motivasi belaja
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:41
Last Modified: 19 Oct 2023 07:41
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2358

Actions (login required)

View Item View Item