PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH ANAK KELOMPOK B RA AL-HUDA KOTA BENGKULU

APRILIA, NADILA (2023) PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH ANAK KELOMPOK B RA AL-HUDA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
NADILA APRILIA_1811250033.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang di temukan dilapangan Lingkup aspek perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun tidak hanya meliputi kemampuan berfikir logis dan berfikir simbolik saja, namun juga meliputi kemampuan belajar dan memecahkan masalah yang mencakup kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara fleksibel dan diterima sosial serta menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru. Metode proyek merupakan salah satu cara pemberian pengalaman belajar dengan menghadapkan anak pada persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengertahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan memecahkan masalah anak kelompok B RA Al-Huda Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian terapan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian eksperimen. . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan anak kelas B1 dan kelas B2 RA Al-Huda Kota Bengkulu yang memiliki rentang usia 5-6 tahun yang berjumlah 30 orang. Masing-masing kelas berjumlah 15 orang anak. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara tak acak bertujuan (purposive sampling). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik statistik non parametrik yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini yaitu Mann Whitney Test. Rata-rata hasil observasi kemampuan memecahkan masalah anak usia 5-6 tahun pada kelompok eksperimen (kelas B2) kelompok lebih tinggi dari rata-rata hasil observasi pada kelompok kontrol (kelas B1). Rata-rata kemampuan memecahkan masalah oleh anak kelas B2 adalah 18,73, sedangkan rata-rata kemampuan memecahkan masalah oleh anak kelas B1 adalah 16,53.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa metode pembelajaran proyek berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memecahkan masalah anak usia 5-6 tahun di RA Al Huda Kota Bengkulu. Kemampuan memecahkan masalah anak kelas B2 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran proyek lebih tinggi dari kemampuan memecahkan masalah anak kelas B1 yang tidak diajar dengan menggunakan metode pembelajaran proyek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorSyarifin, Ahmad198006162015031003UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I: Dr. Hj, Asiyah, M. Pd PEMBIMBING II: Ahmad Syarifin, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Peroyek, Kemampuan memecahkan masalah anak
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:24
Last Modified: 20 Oct 2023 08:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2383

Actions (login required)

View Item View Item