PROBLEMATIKA SISWA DAN UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN MELALUI MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 7 KOTA BENGKULU

Wulandari, Wulandari (2023) PROBLEMATIKA SISWA DAN UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN MELALUI MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 7 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
WULANDARI-1911270031.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (skripsi)
WULANDARI-1911270031.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi problematika siswa dan upaya guru dalam meningkatkan perilaku sopan santun melalui mata Pelajaran IPS di SMP N 7 Kota Bengkulu. Untuk mendeskripsikan apa masalah siswa yang dihadap guru serta seperti siswa yang tidak hormat dengan guru, siswa yang apabila bertemu dengan guru tidak menegur, siswa yang apabila bicara dengan nada yang tinggi, suka berkata kotor adapun Upaya apa yang di gunakan guru dalam meninkatkan perilaku sopan santun. Penelitian ini mengunakan metode penulisan kualitatif yang memanfaatkan paradigma penelitian interpreatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini mengunakan Teknik deskripsi kualitatif. Serta informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, Kepala sekolah, Siswa di SMP N 7 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah di lakukan maka dapat di simpulkan bahwa problematika siswa yang di hadapi guru ialah seperti siswa kurang disiplin, tidak bertanggung jawab, tidak toleransi, tidak jujur, tidak bersahabat, sering melawan guru, kurangnya pengetahuan siswa tentang perilaku sopan santun. sedangkan upaya guru dalam menumbuhkan perilaku sopan santun terhadap siswa ialah memasukan materi tentang perilaku sopan snatun dalam pembelajaran, menerapkan perilaku jujur terhadap siswa, perilaku disiplin, saling menghormati, tolenasi, perilaku bertanggung jawab, bersahabat, serta mengunakan metode pembalajaran dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa, dan sebagai seorang guru harus menjadi tauladan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorYunarman, Sepri199002102019031015UNSPECIFIED
Additional Information: pembimbing 1:Dr. Hj. Asiyah, M.Pd pembimbing 2:Sepri Yunarman M.Si
Uncontrolled Keywords: Problematika siswa, Guru, Sopan Santun,dan pembelajaran IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:12
Last Modified: 23 Oct 2023 03:12
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2399

Actions (login required)

View Item View Item