PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2023/2024

LUPI, LUPI (2023) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
DIANA MARYANA_1911290041.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan hybrid learning dalam kemampuan membaca siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2023/2024 dan untuk mengetahui factor pendudkung dan factor penghambat model hybrid learning dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yaitu berupa butir-butir soal. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 64 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan olah data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan hybrid learning berbentuk aplikasi zoom berpengaruh meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar yang signifikan dikarenakan menggunakan media pembelajaran yang berbeda. Penerapan hybrid learning berbentuk aplikasi zoom lebih berpengaruh dari pada penerapan model konvensional. Dapat dilihat dari hasil pretest dikelas eksperimen sebelum menggunakan hybrid learning berbentuk aplikasi zoom memiliki ratarata 48,50, setelah dilakukan perlakuan maka diperoleh hasil posttest kelas eksperimen memiliki rata-rata 76,67.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno196102052000031002UNSPECIFIED
Thesis advisorAstuti, Dina Putri Juni199006022019032010UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Drs. Sukarno, M.Pd. Pembimbing 2: Dina Putri Juni Astuti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hybrid Learning, Siswa, SMP
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:03
Last Modified: 26 Oct 2023 08:03
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2429

Actions (login required)

View Item View Item