IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TADZKIRAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN DAN KEDISIPLINAN SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 131 SELUMA

WAHIDATUR RAHMAH, NURUL (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TADZKIRAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN DAN KEDISIPLINAN SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 131 SELUMA. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
NURUL WAHIDATURRAHMAH_211540031.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan siswa di SD 131 Kabupaten Seluma masih kurang terlihat, ditandai dengan terdapat beberapa siswa berperilaku tidak jujur, seperti disaat ujian masih mencontek, pura-pura sakit, tidak membayar saat jajan di kantin, pamit izin ke kamar mandi padahal jajan di kantin, terlambat masuk kelas, membuang sampah di dalam ruang kelas, dan tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran Tadzkirah dalam penanaman nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 131 Kabupaten Seluma, serta untuk mengetahui hambatan dan solusinya menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan purposive sampling untuk menentukan subyek penelitian. Subyek dalam penelitian ini penulis sendiri dan informannya ialah guru Pendidikan Agama Islam, Kepala sekolah, siswa SD Negeri 131 Seluma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) pembelajaran tadzkirah secara umum telah diimplemensitasikan mskipun masih terdapat beberapa guru yang belum dapat mengimplementasikan pembelajaran tadzkirah dalam pembelajaran dengan baik, 2) Penanaman nilai-nilai kejujuran siswa telah dilaksanakan, dengan cara guru memberikan nasehat dan peringatan kepada siswa agar tidak melakukan tindakan tidak jujur atau curang serta tidak disiplin yang mengakibatkan siswa mendapatkan hukuman dari guru, 3) hambatan dan solusi dalam implementasi pembelajaran tadzkirah pada penanaman nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak semua siswa memiliki kecerdasan dan minat yang sama, sehingga menghambat guru dalam implementasi pembelajaran tadzkirah. Solusi yang ditawarkan adalah guru lebih kreatif dalam mengimplementasikan model pembelajaran inovatif seperti implementasi pembelajaran tadzkirah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRohimin, Rohimin196405311991031001UNSPECIFIED
Thesis advisorIqbal, Iqbal197505262009121001UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I: Prof. Dr. H. Rohimin, M.Ag PEMBIMBING II: Dr. Moch. Iqbal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tadzkirah, Nilai Kejujuran, Kedisiplinan, dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:20
Last Modified: 20 Nov 2023 07:20
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item View Item