Khoiriyah, 'Asjadul
(2023)
Pengaruh Lagu Is Verry Good Terhadap Sosial Emosional
Anak Kelompok B2 di Ra As Shaffah Kota Bengkulu.
Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara penguasaan lirik lagu
anak usia dini dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di Ra As
Shaffah Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan yakni metode
pendekatan yang bersifat korelasi. Pengumpulan teknik data menggunakan
observasi, angket dilakukan penelitian di kelas B2 yang berjumlah 15 anak,
product moment analisis, dan dokumentasi. Penelitian yang menggunakan
penghitungan berdasarkan data yang di analisis Microsoft Excel memperoleh hasil
thitung 2,2689 dengan nilai ttabel 2,16037, hasil perolehan tingkat kategori tinggi
variabel penguasaan lirik lagu anak usia dini dengan nilai presentase 60% dan
tingkat kategori sedang variabel perkembangan sosial emosional anak usia dini
dengan nilai presentase 80%. Hubungan antara penguasaan lirik lagu anak usia
dini dengan perkembangan sosial emosional yakni sebasar 0,503425 yaitu
pencapaian pada tabel interpretasi nilai “r” termasuk kategori korelasi sedang,
untuk mengetahuinya berdasarkan pernghitungan uji t, berdasarkan penghitungan
thitung sebasar 2,2689 dengan tingkat signifikan 5% / 0.05 maka diperoleh hasil
ttebel sebesar 2,16037. Maka dari itu thitung > ttabel 2,2689>2,16037 pada peneltian ini
Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwasannya penguasaan lirik lagu
anak usia dini berhungan dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini
anak kelas B2 di RA As Shaffah Kota Bengkulu.
Actions (login required)
|
View Item |