JONIAN, TOPAN (2024) PENGUATAN PEMBELAJARAN PAI MELALUI EKSTRAKULIKULER ROHIS BAGI SISWA SMKS 3 IDHATA CURUP. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (731kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (866kB) |
|
Text
TOPAN JONIAN_1911540035.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan akademik yang muncul ada dua yaitu: Bagaimana pemberian penguatan pembelajaran PAI (Pendidikan agama Islam) melalui ekstrakulikuler Rohis (Kerohanian Islam) bagi siswa SMKS 3 Idhata Curup dan Apa faktor pendukung dan menghambat pelaksanaan penguatan pembelajaran PAI (pendidikan agama Islam) bagi siswa SMKS 3 Idhata Curup. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakulikuler Rohis (Kerohanian Islam) bagi siswa SMKS 3 Idhata Curup dan untuk mengetahui faktor pendukung dan menghambat pelaksanaan penguatan pembelajaran PAI (pendidikan agama Islam) bagi siswa SMKS 3 Idhata Curup. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dkokumentasi. Hasil Penelitian sebagai berikut: Penguatan pembelajaran PAI di SMKS 3 Idhata Curup dilakukan dengan Bimbingan kerohanian Islam yang diberikan berupa melaksanakan tadarus, sholat dhuha dan dzuhur berjama’ah dilanjutkan dengan berdzikir. Bimbingan kerohanian Islam ini bertujuan untuk membangun perubahan bagi para siswa agar mempunyai kesadaran dari dalam dirinya sendiri agar menjadi lebih baik serta tidak mengulangi pelanggaran. Dan dengan adanya Bimbingan Kerohanian Islam di SMKS 3 Idhata Curupsiswa menjadi lebih termotivasi dengan adanya keinginan untuk belajar serta memberikan hasil kedisiplinan yang cukup baik, karena siswa tidak mengulangi kesalahannya lagi. Faktor-faktor pendukung dan penghambat Rohis pada perannya dalam pelajaran PAI saat ini yakni, dukungan dan dorongan yang besar dari sekolah dan Pembina Rohis terhadap kegiatan yang dilakukan Rohis saat ini berupa materi ataupun tenaga serta dukungan dari beberapa guru dalam memberikan masukkan dan saran terhadap kegiatan-kegiatan Rohis yang berperan pada pelajaran PAI saat ini. Serta hambatan pada peran Rohis terhadap pelajaran PAI saat ini yakni, kurangnya antusiasme siswa untuk bergabung dengan ekstrakurikuler Rohis, serta kurang aktifnya beberapa pengurus Rohis pada saat ini.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | 1. Prof. Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd 2. Prof. Dr. Ahmad Suradi, M. Ag | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penguatan, Pembelajaran PAI, Ekstrakurikuler Rohis | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:56 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2578 |
Actions (login required)
View Item |