IZZUDIN, A. TSABAT (2024) “PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM EVALUASI KELEMBAGAAN MI DARUL HIKMAH (MIS) BENGKULU UTARA’’. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (613kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (452kB) |
|
Text
A. TSABAT IZZUDIN_2111550016.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Peran kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting untuk dikaji karena kepemimpinan adalah roda penggerak sebuah lembaga dan menjadi penentu kualitas dan arah keberhasilan lembaga atau organisasi. Kepemimpinan harus mampu secara cepat dan tepat dan tidaklah berlebihan jika seorang pemimpin (leader) bukan sekedar pengambil keputusan tapi sebagai kunci keberhasilan sebuah lembaga atau organisasi. Upaya lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru, dapat dilakukan dengan melengkapi sarana dan prasarana yang ada serta pembelajaran yang masih kurang dan evaluasi kelembagaan berperan sebagai alat penentu berperan tidaknya seorang pemimpin dalam sebuah lembaga dalam sebuah organisasi. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber informasi (informasi) untuk mendapatkan data wawancara adalah Kepala Madrasah,Guru PAI, Pengawas Sekolah, dan Staf tata usaha. Teknik analisi data yaitu Pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), dan paparan data (data display). Berdasarkan dari hasil penelitian program dan strategi kepala sekolah di atas, kepala Kepala Madrasah MI Darul Hikmah, ibu Mulyani, S.Pd. dilihat dari aspek pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, pengalaman jabatan serta penilaian kinerja sekolah, menunjukkan kemampuan yang saling mendukung dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Sekolah. Kesimpulannya Kepala sekolah MI darul Hikmah dapat menjadi manajer di sekolah telah bertugas merencanakan, mengorganisasikan, mengawasi, mengevaluasi seluruh kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh seluruh komponen pendidikan meliputi aspek edukatif, administratif, maupun aspek pengembangan sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Zulkarnain, S. M.Ag 2. Dr. Mindani, M.Ag | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Keemimpinan,Kepala Madrasah, Evaluasi Kelembagaan | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:51 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2590 |
Actions (login required)
View Item |