“PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM EVALUASI KELEMBAGAAN MI DARUL HIKMAH (MIS) BENGKULU UTARA’’

IZZUDIN, A. TSABAT (2024) “PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM EVALUASI KELEMBAGAAN MI DARUL HIKMAH (MIS) BENGKULU UTARA’’. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
A. TSABAT IZZUDIN_2111550016.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peran kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting untuk dikaji karena kepemimpinan adalah roda penggerak sebuah lembaga dan menjadi penentu kualitas dan arah keberhasilan lembaga atau organisasi. Kepemimpinan harus mampu secara cepat dan tepat dan tidaklah berlebihan jika seorang pemimpin (leader) bukan sekedar pengambil keputusan tapi sebagai kunci keberhasilan sebuah lembaga atau organisasi. Upaya lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru, dapat dilakukan dengan melengkapi sarana dan prasarana yang ada serta pembelajaran yang masih kurang dan evaluasi kelembagaan berperan sebagai alat penentu berperan tidaknya seorang pemimpin dalam sebuah lembaga dalam sebuah organisasi. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber informasi (informasi) untuk mendapatkan data wawancara adalah Kepala Madrasah,Guru PAI, Pengawas Sekolah, dan Staf tata usaha. Teknik analisi data yaitu Pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), dan paparan data (data display). Berdasarkan dari hasil penelitian program dan strategi kepala sekolah di atas, kepala Kepala Madrasah MI Darul Hikmah, ibu Mulyani, S.Pd. dilihat dari aspek pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, pengalaman jabatan serta penilaian kinerja sekolah, menunjukkan kemampuan yang saling mendukung dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Sekolah. Kesimpulannya Kepala sekolah MI darul Hikmah dapat menjadi manajer di sekolah telah bertugas merencanakan, mengorganisasikan, mengawasi, mengevaluasi seluruh kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh seluruh komponen pendidikan meliputi aspek edukatif, administratif, maupun aspek pengembangan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisor. Zulkarnain, . Zulkarnain196005251987031001UNSPECIFIED
Thesis advisorMindani, Mindani196908062071011002UNSPECIFIED
Additional Information: 1. Prof. Dr. Zulkarnain, S. M.Ag 2. Dr. Mindani, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Keemimpinan,Kepala Madrasah, Evaluasi Kelembagaan
Subjects: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:51
Last Modified: 09 Jul 2024 03:51
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item View Item