KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK MENURUT ERIC JENSEN PADA PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

APRIANI, YETI (2024) KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK MENURUT ERIC JENSEN PADA PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (565kB)
[img] Text
YETI APRIANI_2223750008.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh pendidikan saat ini yang belum melakukan upaya pengembangan pembelajaran secara optimal. Padahal seharusnya pendidik harus memperkaya dirinya dengan berbagai pengetahuan, kemampuan, keterampilan mengajar, serta strategi belajar yang baik yang dapat mengoptimalkan pembelajaran dan menghindari pemorsiran pada otak. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pemikiran Eric Jensen tentang pembelajaran berbasis otak dalam kajian neurosains dan relevansiya terhadap pendidikan Islam anak usia dini. Jenis penelitian adalah pelitian kajian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, dengan melihat dokumen berupa buku, artikel, jurnal dan penelitian lain yang membicarakan tentang pembelajaran berbasis otak. Hasil penelitian Pembelajaran berbasis otak adalah pembelajaran yang diselaraskan dengan cara kerja otak yang didesain secara ilmiah untuk belajar. strategi pembelajarannya adalah menciptakan lingkungan belajar yang menantang kemampuan berpikir anak, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, serta menciptakan situasi belajar yang aktif serta relevansi pembelajaran berbasis otak pada Pendidikan Islam anak usia dini adalah strategi pembelajaran anak usia dini memberikan pembelajaran yang berpusat pada anak dimana dengan cara memberikan strategi yang memungkinkan anak mengembangkan potensinya secara baik tanpa memberikan kesan pemaksaan serta konstribusi sensori sangat relevan pada pendidikan Islam anak usia dini adengan mengunakan secara aktif keseluruhan sensor yang ada pada tubuh pada saat melakukan pembelajaran. karena dengan adanya rangsangan indrawi otak akan memprosesnya dalam bentuk memori hal ini diharapkan tercapainya tujuan dari pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMarhayat, NellyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSatria, IrwanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: 1. Dr. Nelly Marhayati, M.Si 2. Dr. Irwan Satria, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Otak, Neurosains, Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:01
Last Modified: 09 Jul 2024 04:01
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2592

Actions (login required)

View Item View Item