MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENYUKSESKAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN 04 MUARA PINANG

YANTI, FEBRI (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENYUKSESKAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN 04 MUARA PINANG. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (540kB)
[img] Text
PEBRI YANTI_2223550002.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen kurikulum merdeka belajar di SDN 04 Muara Pinang masih mengalami kesulitan dalam penerapannya. Karena masih terdapat guru yang belum bisa mengisi sistem pada aplikasi platform merdeka belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum merdeka belajar serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam menyukseskan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yaitu data primer diperoleh dari kepala sekolah, operator, guru, dan tim fasilitator serta data sekunder diperoleh dari seperti komite, dokumnetasi dan arsiparis. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kurikulum merdeka belajar sudah baik. Dilihat dari perencanaan yang melibatkan KKG dalam merumuskan ATP, pengorganisasian dengan membentuk guru komite, tim pengembangan kurikulum dan tim fasilitator, pelaksanaan dengan pengaplikasian platform merdeka mengajar dan proses pembelajaran, serta evaluasi berupa assesmen dan supervisi. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila juga sudah baik. Dibuktikan dengan perencanaan, dibentuk tim fasilitator. Pelaksanaan, melalui tiga tahap yaitu pengenalan melalui video pemantik, aksi nyata sesuai tema, dan evaluasi tindak lanjut guna memperluas dampak dan manfaat projek. Faktor pendukung pelaksanaannya yaitu terkategori sekolah penggerak serta sarana dan prasarana memadai. Sedangkan, Faktor penghambatnya yaitu masih sulitnya guru dalam menangani perbedaan karakter peserta didik, guru sulit beradaptasi dengan perangkat digital, terbatasnya buku ajar beberapa mata pelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum merdeka belajar dapat menyukseskan Projek Penguata Profil Pelajar Pancasila. Dengan demikian dapat disarankan, untuk meningkatkan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila maka tingkatkanlah Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairiah, Khairiah196805151997032004UNSPECIFIED
Thesis advisorMindani, Mindani196908062007101002UNSPECIFIED
Additional Information: 1. Dr. Khairiah, M.Pd 2. Dr. Mindani, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar, Projek Profil Pelajar Pancasila
Subjects: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:10
Last Modified: 09 Jul 2024 04:10
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2593

Actions (login required)

View Item View Item