EFEKTIVITAS METODE WAHDAH DALAM MENGHAFAL ALQURAN PADA SANTRI MI KELAS 5 DAN 6 DI PONDOK PESANTREN DEMPO DARUL MUTTAQIEN KOTA PAGAR ALAM

Arbeta, Lola (2024) EFEKTIVITAS METODE WAHDAH DALAM MENGHAFAL ALQURAN PADA SANTRI MI KELAS 5 DAN 6 DI PONDOK PESANTREN DEMPO DARUL MUTTAQIEN KOTA PAGAR ALAM. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LOLA ALBERTA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Apa Keunggulan dari Metode wahdah dalam Menghafal Al-Qur‟an di MI kelas 5 dan 6 Pondok Pesantren Dempo Darul Muttaqien Kota Pagar Alam 2) Bagaimana Metode Wahdah yang Digunakan oleh MI kelas 5 dan 6 dalam menghafal Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Dempo Darul Muttaqien Kota Pagar Alam. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memperoleh tingkat keabsahan data, teknik yang digunakan antara lain: ketekunan pengamatan, trianggulasi teknik. Proses analisis data yang dilakukan melalui: reduksi data, penyajian data dan penyimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama Metode Wahdah dalam Menghafal Al-Qur‟an pada Santri Tahfidz Al-Qur‟a di Pondok Pesantren Dempo Darul Muttaqien Kota Pagar Alam dilakukan dengan beberapa proses pertama-tama sebelum mereka mulai menghafal mereka terlebih dahulu harus memenuhi beberapa syarat-syarat persiapan, waktu kegiatan menghafal Al-Qur‟an, cara menghafal dengan menggunakan metode Wahdah yakni (Menggunakan Al-Qur‟an pojok, Menghafal dengan cara satu persatu ayat Al-Qur‟an, Upaya membuat target hafalan perharinya, Memperdengarkan hafalannya sebelum disetorkan kepada ustad atau ustadzah, Berusaha untuk memperbaiki bacaan Al-Qur‟an). Kedua Metode Wahdah yang diterapkan di Pondok Pesantren Dempo Darul Muttaqien memiliki keunggulan tersendiri diantaranya yaitu : (a) Ingatan santri terhadap hafalan yang telah dilakukan lebih kuat. (b) Makharijul Huruf santri dalam melafalkan al-Qur‟an terjamin. (c) Keistiqamahan santri dalam menambah hafalan lebih terjamin. (d) Akan membentuk gerak reflek pada lisan tanpa harus difikirkan dahulu. (e) Tajwid dan beberapa kaidah membaca Al-Qur‟an dengan tartil terjaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRahmat, Aibdi196904301997031001UNSPECIFIED
Thesis advisorHendri, Jul198712242020121004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Aibdi Rahmat, M.Ag Pembimbing Ii: Jul Hendri, Lc, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Metode Wahdah, Menghafal Al-Quran.
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Ilmu Al-qur`an Dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Ilmu Al-qur`an Dan Tafsir
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:37
Last Modified: 10 Jul 2024 04:38
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item View Item