ANALISIS ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN PALAK BABI TERHADAP KONSEP BILANGAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS III DAN IV SDN 100 SELUMA

Rivaldo, Rivaldo (2024) ANALISIS ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN PALAK BABI TERHADAP KONSEP BILANGAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS III DAN IV SDN 100 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (324kB)
[img] Text
RIVALDO_1711280018.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

materi konsep bilangan pada mata pelajaran matematika kelas III dan IV SDN 100 Seluma dan mengetahui kajian etnomatematika pada permainan palak babi terhadap konsep bilangan untuk siswa kelas III dan IV SDN 100 Seluma. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan. Hasil dari penelitian ini yaitu: permainan palak babi juga sudah kalah dengan kemajuan teknologi sebagaimana yang kita ketahui sekarang itu anak-anak sudah bermain android dan bermain game online tidak lagi memainkan permainan tradisioal, jadi untuk mengenalkan kembali permainan palak babi tersebut semuanya harus belajar tentang permainan lokal apalagi didalam permainan palak babi tersebut mengandung banyak sekali bagian dalam pelajaran matematika seperti pada materi yang sekarang sedang diteliti yaitu konsep bilangan. Permainan palak babi sangat erat kaitannya dengan pelajaran matematika terkhususnya materi konsep bilangan karena didalam permainan palak babi setelah melakukan teknik yang ada dalam permainan palak babi maka didapatkan hasil dan hasil itulah yang berhubungan dengan pelajaran matematika terutama pada materi konsep bilangan. Saran Diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran diluar kelas atau menggunakan media pembelajaran agar siswa dapat dengan mudah memahami dan menerima materi yang diberikan serta siswa tidak merasa jenuh dalam pembelajaran matematika. Bagi Siswa diharapkan agar siswa dapat lebih memperhatikan materi yang diberikan agar siswa paham akan materi dan juga siswa juga dapat belajar sambil bermain dengan cara memainkan permainan yang berkaitan dengan materi pelajaran terkhususnya pelajaran matematika seperti permainan palak babi. Bagi Sekolah diharapkan agar pihak sekolah lebih mengembangkan media pembelajaran jenis permainan lokal agar siswa dapat bermain sambil belajar agar siswa mudah dalam menerima materi pembelajaran matematika yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSyafri, Fatrica198510202011012011UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Resti Komala2020038802UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Fatrica Syafri, M.Pd Pembimbing II: Resti Komalasari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, permainan palak babi, konsep bilangan.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:49
Last Modified: 12 Jul 2024 01:49
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2777

Actions (login required)

View Item View Item