STRATEGI GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SISTEM FULL DAY SCHOOL SMP NURUL BUDA KOTA BENGKULU

Azzahra, Meisya (2024) STRATEGI GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SISTEM FULL DAY SCHOOL SMP NURUL BUDA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN_MEISYA.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (547kB)
[img] Text
MEISYA AZZAHRA_2011270028-dikompresi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

pengetahuan sosial untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran sistem full day school SMP Nurul Huda Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Data di analisis dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan adanya pembelajaran sistem full day school di SMP Nurul Huda Kota Bengkulu ini, menimbulkan kejenuhan belajar pada diri siswa. Untuk mengatasi kejenuhan tersebut, guru sudah menggunakan strategi ekspositori, strategi inkuiri, strategi kontekstual, dan strategi kooperatif. Adapun kiat-kiat mengatasi kejenuhan belajar lainnya guru megajak siswa melaksanakan ice breaking di selasela pembelajaran, mengatur atau mengubah tata letak kelas, serta melakukan kunjungan lapangan atau mengajak siswa untuk melakukan kegiatan belajar di luar ruangan, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorLubis, Mawardi196512311998031015UNSPECIFIED
Thesis advisorNurniswah, Nurniswah196308231994032001UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Dr. H. Mawardi Lubis, M. Pd., Pembimbing II: Dra. Nurniswah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kejenuhan Belajar, Full Day School
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:57
Last Modified: 12 Jul 2024 03:57
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item