PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL LORAPIN (LOMPAT EGRANG PINTAR) DALAM ASPEK KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SEROJA AISYIYAH KOTA BENGKULU

Maini, Dahlia Nur (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL LORAPIN (LOMPAT EGRANG PINTAR) DALAM ASPEK KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SEROJA AISYIYAH KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAHLIA NUR MAINI, 1811250077.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimanakah kevalidan Pengembangan Permainan Tradisional Lorapin (Lompat Egrang Pintar) Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman Dalam Aspek Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Seroja Aisyiyah Kota Bengkulu dan 2) untuk mengetahui bagaimanakah kepraktisan Pengembangan Permainan Tradisional Lorapin (Lompat Egrang Pintar) Terintegrasi Nilainilai Keislaman Dalam Aspek Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Seroja Aisyiyah Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap perkembangan yang meliputi, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evalutation). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Seroja Aisyiyah Kota Bengkulu yang berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan dapat di simpulkan bahwa kevalidasian permainan Lorapin (Lompat Egrang Pintar) untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun sudah layak untuk digunakan dan telah divalidasi oleh pakar atau ahli. Yang awalnya pada validasi pertama dengan persentase 79%, dan validasi kedua dengan persentase 93%. Hasil validasi ini x mengalami beberapa revisi kepada ahli sehingga mendapatkan hasil akhir yang baik. Dengan demikian validasi ini mengalami peningkatan akhir yaitu 14%. Berdasarkan hasil perhitungan datadata, menunjukkan bahwa keefektifan suatu produk dilihat dari peningkatan terhadap uji coba produk, anak memperoleh hasil lembar kegiatan pre-test anak sebesar 45,70%, Sedangkan pada hasil lembar kegiatan post-test anak sebesar 73,83%. Dengan demikian, mengalami peningkatan sebesar 28,13%. Dapat disimpulkan bahwa permainan Lorapin (Lompat Egrang Pintar) dapat digunakan untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Seroja Aisyiyah Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAkbarjono, Ali197509252001121004UNSPECIFIED
Thesis advisorNurhikmah, Nurhikmah198709192019032004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. H. Ali Akbarjono., Pembimbing II: Nurhikmah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional Lorapin (Lompat Egrang Pintar), Aspek Kemampuan Kognitif
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:58
Last Modified: 12 Jul 2024 06:58
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item