Maini, Dahlia Nur (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL LORAPIN (LOMPAT EGRANG PINTAR) DALAM ASPEK KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SEROJA AISYIYAH KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (151kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (265kB) |
|
Text
DAHLIA NUR MAINI, 1811250077.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimanakah kevalidan Pengembangan Permainan Tradisional Lorapin (Lompat Egrang Pintar) Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman Dalam Aspek Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Seroja Aisyiyah Kota Bengkulu dan 2) untuk mengetahui bagaimanakah kepraktisan Pengembangan Permainan Tradisional Lorapin (Lompat Egrang Pintar) Terintegrasi Nilainilai Keislaman Dalam Aspek Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Seroja Aisyiyah Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap perkembangan yang meliputi, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evalutation). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Seroja Aisyiyah Kota Bengkulu yang berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan dapat di simpulkan bahwa kevalidasian permainan Lorapin (Lompat Egrang Pintar) untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun sudah layak untuk digunakan dan telah divalidasi oleh pakar atau ahli. Yang awalnya pada validasi pertama dengan persentase 79%, dan validasi kedua dengan persentase 93%. Hasil validasi ini x mengalami beberapa revisi kepada ahli sehingga mendapatkan hasil akhir yang baik. Dengan demikian validasi ini mengalami peningkatan akhir yaitu 14%. Berdasarkan hasil perhitungan datadata, menunjukkan bahwa keefektifan suatu produk dilihat dari peningkatan terhadap uji coba produk, anak memperoleh hasil lembar kegiatan pre-test anak sebesar 45,70%, Sedangkan pada hasil lembar kegiatan post-test anak sebesar 73,83%. Dengan demikian, mengalami peningkatan sebesar 28,13%. Dapat disimpulkan bahwa permainan Lorapin (Lompat Egrang Pintar) dapat digunakan untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Seroja Aisyiyah Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. H. Ali Akbarjono., Pembimbing II: Nurhikmah, M.Pd. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Tradisional Lorapin (Lompat Egrang Pintar), Aspek Kemampuan Kognitif | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 06:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 06:58 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2834 |
Actions (login required)
View Item |