Deliasari, Eka (2024) MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN MUROJAAH MUFRODAT MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (456kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (499kB) |
|
Text
EKA DELIASARI_201124004-dikompresi.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran yang bermutu tinggi merupakan kunci utama dalam pendidikan. Minat belajar siswa yang kurang terutama dalam pembelajaran murojaah mufrodat bisa mengakibatkan hasil belajar bahasa arab yang belum optimal. Untuk itu perlu segera dicari alternatif pemecahannya agar minat siswa dalam pembelajaran murojaah mufrodat dapat meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui 4 indikator minat yang terdiri dari (1) Perasaan senang (2) Keteralibaatan siswa (3) Ketertarikan siswa (4) Perhatian siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat siswa dalam pembelajaran muroja’ah mufrodat pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas IV MI Plus Nur Rahmah kota Bengkulu. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian peneliti menganalisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif oleh Miles dan Huberman. Dan dilanjutkan penguji keabsahan data dengan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa dalam pembelajaran muroja’ah mufrodat pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas IV MI Plus Nur Rahmah Kota Bengkulu adalah meningkatkan minat belajar siswa seperti perasaan senang, keterlibatan siswa, ketertarikan, dan perhatian siswa. Selain itu juga kepala sekolah dan guru menerapkan media pembelajaran dan memberikan dorongan serta motivasi agar siswa tidak merasa bosan saat mengikuti pembelajaran muroja’ah mufrodat pada pelajaraan bahasa arab, dengan adanya media gambar pembelajaran tidak akan monoton dan akan membuat siswa semangat dan menarik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Asmara Yumarni, M.Ag Pembimbing II: Rossi Delta Fitrianah M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Minat Siswa, Muroja’ah Mufrodat | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 07:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 07:03 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2836 |
Actions (login required)
View Item |