PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTCLASS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU

Virginia, Serly (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTCLASS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (391kB)
[img] Text
SKRIPSI SERLY VIRGINIA _ 2011240121.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran outclass terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 81 kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen one group pretest dan posstest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 81 kota Bengkulu berjumlah 30 orang dan teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas (independen) yaitu metode pembelajaran outclass dan variabel terikat (dependen) yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji paired sample t-test, dari pengujian hipotesis penelitian diperoleh nilai sig (2-tailed) bernilai 0,000. Dari hasil tersebut diketahui nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Serta dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel didapatkan nilai thitung 19,871 > ttabel 2,045 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, artinya metode pembelajaran outclass terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 81 kota Bengkulu ada pengaruhnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorBasinun, Basinun197710052007102005UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Hj. Asiyah, M.Pd Pembimbing II: Dr. Basinun, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Outclass, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:47
Last Modified: 12 Jul 2024 07:47
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2854

Actions (login required)

View Item View Item