Fronika, Dhea (2024) PENGARUH PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD N 52 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (372kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text
DHEA FRONIKA _NIM.2011240077..pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pemberian penguatan merupakan tingkah laku guru dalam merespon siswa secara positif, suatu tingkah laku tertentu siswa yang memungkinkan tingkah laku tersebut timbul kembali. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar dan utntuk mengetahui apakah ada faktor-faktor pendukung dan penghambat di dalam memberikan penguatan terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Pendidikan Pancasila dalam kurikulum merdeka di SD N 52 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemberian penguatan terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Pendidikan Pancasila dalam kurikulum merdeka di SD N 52 Kota Bengkulu. Dari ratarata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, kelas eksperimen sebesar 81,9 sedangkan kelas kontrol 78,2. Data hasil analisis perhitungan uji hipotesis menggunakan batuan program SPSS 21 diperoleh nilai t hitung sebesar 1,732 dengan signifikansi 0.000. Dengan menggunakan t tabel sebesar 1.714 berdasarkan data tersebut maka t hitung 1,732 > t tabel 1714. dan signifikansi 0.000 < 0.005 Dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini juga menemukan beberapa faktor pendukung dan penghambat di dalam memberikan penguatan antara lain faktor dari guru, peserta didik, lingkungan dan sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Dini Febrini, S. Ag., M. Pd Pembimbing II: Masrif Hidayani, M. Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penguatan, Pembelajaran Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 08:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 08:13 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2861 |
Actions (login required)
View Item |