PENGARUH PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD N 52 KOTA BENGKULU

Fronika, Dhea (2024) PENGARUH PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD N 52 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DHEA FRONIKA _NIM.2011240077..pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemberian penguatan merupakan tingkah laku guru dalam merespon siswa secara positif, suatu tingkah laku tertentu siswa yang memungkinkan tingkah laku tersebut timbul kembali. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar dan utntuk mengetahui apakah ada faktor-faktor pendukung dan penghambat di dalam memberikan penguatan terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Pendidikan Pancasila dalam kurikulum merdeka di SD N 52 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemberian penguatan terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Pendidikan Pancasila dalam kurikulum merdeka di SD N 52 Kota Bengkulu. Dari ratarata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, kelas eksperimen sebesar 81,9 sedangkan kelas kontrol 78,2. Data hasil analisis perhitungan uji hipotesis menggunakan batuan program SPSS 21 diperoleh nilai t hitung sebesar 1,732 dengan signifikansi 0.000. Dengan menggunakan t tabel sebesar 1.714 berdasarkan data tersebut maka t hitung 1,732 > t tabel 1714. dan signifikansi 0.000 < 0.005 Dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini juga menemukan beberapa faktor pendukung dan penghambat di dalam memberikan penguatan antara lain faktor dari guru, peserta didik, lingkungan dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Dini197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayani, Masrifa197506302009012004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Dini Febrini, S. Ag., M. Pd Pembimbing II: Masrif Hidayani, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Pembelajaran Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:13
Last Modified: 12 Jul 2024 08:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item