PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS AL-MUBAARAK KOTA BENGKULU

Yuliasty, Penty (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS AL-MUBAARAK KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (532kB)
[img] Text
PENTY YULIASTY.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pemebelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPS kelas VIII Mts Al-Mubaarak Kota Bengkulu. Bedasarkan hasil dari tes kemampuan berpikir kritis sisa menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih baik dari pada model pembelajaran Direct Intruction. Hal ini didasarkan pada pengujian hipotesis secara simultan (Uji F) bahwa variabel independen dan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dipenden. Ini dilihat dari nilai F hitung (13.674) > F tabel (2.048) dengan sig (0,001) < (0,005). Untuk pengujian hipotesis akhir (uji t), diperoleh yaitu 3,698 > 2,048 dengan sig(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,005, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil anaisis skor rata-rata ketuntasan indikator kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai 87,67% berkrteria sangat tinggi denkan kemampun berpikir kritis siswa kelas kontrol 70,00% berkreteria sangat baik artinya kemampuan berpikir kritis siwa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPS MTs AlMubaarak Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAkbarjono, Ali197509252001121004UNSPECIFIED
Thesis advisorMaryam, Maryam197210221999032001UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. H. Ali Akbarjono, M.Pd Pembimbing II: Dr. Maryam, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning (CTL), Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:59
Last Modified: 12 Jul 2024 08:59
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item View Item