PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDE-INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII DI SMPN 20 KOTA BENGKULU

Yolanda, Uci Apriliya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDE-INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII DI SMPN 20 KOTA BENGKULU. Other thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (393kB)
[img] Text
SKRIPSI UCI APRILIYA YOLANDA_1911260066.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran POGIL terhadap kemampuan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 20 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan literasi sains siswa dengan model pembelajaran POGIL pada mata pelajaran IPA di SMPN 20 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (QuasiExperimental). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji chi kuadrat, uji homogenitas dengan uji F dan uji hipotesis dengan uji independent sample T test. Hasil penelitian adalahdari uji hipotesis pre test, nilai thitung (2,866) > ttabel (2,00172) dengan taraf signifikansi 5% H1 diterima dan H0 ditolak dengan hasil rata – rata pre test pada kelompok eksperimen sebesar 48 dan rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 39. Kemudian berdasarkan hasil dari uji hipotesis post test, nilai thitung (3,118) > ttabel (2,00172) dengan taraf signifikansi 5% adanya penolakan ????0 dan penerimaan ????1 Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan dengan hasil rata – rata pre test pada kelompok eksperimen sebesar 81,3 dan rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 60,4.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Meirita199105242020122006UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Salamah, M. Pd Pembimbing II: Meirita Sari, M. Pd. S
Uncontrolled Keywords: Process Oriented Guide-Inquiry Learning (POGIL), Literasi Sains, Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 09:22
Last Modified: 12 Jul 2024 09:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2882

Actions (login required)

View Item View Item