INOVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QU’RAN DI MA AL-KREATIF AL-MUBAROK KOTA BENGKULU

Herpalinda, Putri (2024) INOVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QU’RAN DI MA AL-KREATIF AL-MUBAROK KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (828kB)
[img] Text
Putri Herpalinda_2011210037.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Inovasi dalam Pembelajaran Agama Islam adalah suatu kebutuhan yang mendesak untuk mengatasi tantangan ini inovasi dapat dikatakan sebagai ide atau gagasan yang dapat digunakan sebagai pembaharuan untuk mencapai tujuan tertentu yaitu tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran baca alqur’an faktor-faktor yang mendukung pembelajaran baca alqur’an. Jenis Penelitian yang di gunakan dalam Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru Pendidikan agama islam dan siswa MA Kreatif AlMubarok Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan tehnik penjamin keabsahan data penelitian ini, yaitu triangulasi sumber,waktu dan teknik. Tehnik analisis data di lakukan dengan pengumpulan data, Mereduksi data,menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang di temukan adalah hasil yang merupakan inovasi guru berbantuan media : 1. Inovasi guru Pendidikan agama islam di MA Kreatif Al-Mubarok Kota Bengkulu yaitu dilakukan dengan melalui penerapan metode qiroati dalam penerapan metode ini guru menggunakan media audio visual berupa video pembelajaran tentang ilmu tajwid yang dibantu dengan alat LCD Proyektor . Dengan penggunaan media audio visual akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan mengarahkan siswa untuk berkonsentrasi pada isi pembelajaran. 2. faktor pendukung utama dalam pembelajaran membaca al-qur'an adalah adanya sarana dan ix prasarana yang memadai, faktor dari guru serta perhatian dari orang tua. Lingkungan pembelajaran yang efektif tercipta melalui fasilitas yang baik, memungkinkan siswa untuk lebih fokus dan mengoptimalkan potensi mereka..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999011003UNSPECIFIED
Thesis advisorSatrisno, Hengki199001242015031005UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Dr. Suhirman, M.Pd Pembimbing II: Hengki Satrisno, M.Pd
Uncontrolled Keywords: inovasi, guru PAI,minat baca al-qur’an
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:13
Last Modified: 15 Jul 2024 01:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2894

Actions (login required)

View Item View Item