Wulandari, Friesca (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI UPIN IPIN EPISODE PERUT EHSAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS BAGIAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V DI SDN 52 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (521kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (868kB) |
|
Text
FRIESCA WULANDARI 2011240110.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film animasi Upin Ipin episode perut ehsan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS bagian sistem pencernaan manusia kelas V di SDN 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode Quasy Experiment, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dan teknik penentuan sampel pada penelitian ini yaitu Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas V A sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 dan Kelas V B sebagai kelas kontrol berjumlah 24. Adapun teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji <t= test. Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media film animasi Upin Ipin terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V di SDN 52 Kota Bengkulu. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil posttest pada kelas V A (eksperimen) yaitu 82,3 dan dan posttest pada kelas V B (kontrol) yaitu 73,2. Hasil ini juga dilihat perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji <t= terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh nilai sig . (2- tailed) adalah 0,000<0,05, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil belajar IPAS kelas V A yang diajarkan dengan menggunakan media film animasi lebih berpengaruh xiii daripada siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan media film animasi di kelas V B.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | PEmbimbing I: Dr. Kasmantoni, M.Si Pembimbing II: Erik Perdana Putra, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Film Animasi, Pembelajaran IPAS, Hasil Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 01:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 01:26 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2899 |
Actions (login required)
View Item |