PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI UPIN IPIN EPISODE PERUT EHSAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS BAGIAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V DI SDN 52 KOTA BENGKULU

Wulandari, Friesca (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI UPIN IPIN EPISODE PERUT EHSAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS BAGIAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V DI SDN 52 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (868kB)
[img] Text
FRIESCA WULANDARI 2011240110.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film animasi Upin Ipin episode perut ehsan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS bagian sistem pencernaan manusia kelas V di SDN 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode Quasy Experiment, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dan teknik penentuan sampel pada penelitian ini yaitu Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas V A sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 dan Kelas V B sebagai kelas kontrol berjumlah 24. Adapun teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji <t= test. Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media film animasi Upin Ipin terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V di SDN 52 Kota Bengkulu. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil posttest pada kelas V A (eksperimen) yaitu 82,3 dan dan posttest pada kelas V B (kontrol) yaitu 73,2. Hasil ini juga dilihat perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji <t= terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh nilai sig . (2- tailed) adalah 0,000<0,05, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil belajar IPAS kelas V A yang diajarkan dengan menggunakan media film animasi lebih berpengaruh xiii daripada siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan media film animasi di kelas V B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorPutra, Erik Perdana198810172023211013UNSPECIFIED
Additional Information: PEmbimbing I: Dr. Kasmantoni, M.Si Pembimbing II: Erik Perdana Putra, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Film Animasi, Pembelajaran IPAS, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:26
Last Modified: 15 Jul 2024 01:26
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item