IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH ALAM BENGKULU MAHIRA KOTA BENGKULU

Alisah, Sentia (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH ALAM BENGKULU MAHIRA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (301kB)
[img] Text
SKRIPSI SENTIA ALISAH _ 2011240108.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan inklusif adalah pendidikan yang memberikan kesempatan kepada anak-anak berkebutuhan khusus untuk belajar di sekolah dan kelas yang sama dengan anak reguler, agar semua anak dapat memiliki kebebasan dalam belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskaan bagaimana implementasi pendidikan inklusif di sekolah alam bengkulu mahira. (2) menganalisis faktor apa saja yang menghambat dalam keberhasilan pendidikan inklusif di sekolah alam bengkulu mahira. (3) dan untuk mengetahui faktor apa yang mendukung keberhasilan pendidikan inklusif di sekolah alam bengkulu mahira. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptip, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan data collection (pengumpulan data), data reducation (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) implementasi pendidikan inklusif di sekolah alam bengkulu mahira berjalan dengan lancar dan sesuai dengan buku pedoman dengan dilengkapi sarana dan prasarana. (2) Faktor pendukung di sekolah alam bengkulu mahira yaitu menggunakan kurikulum modifikasi, guru-guru dan guru pendamping berperan dalam implementasi pendidikan inklusif, sekolah memiliki programprogram yang dibutuhkan anak berkebutuhan khusus, lingkungan sekolah penyelenggara pendidikan inklusif saling bekerja sama, memiliki sarana prasarana yang memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus, dan melakukan evaluasi pembelajaran sama seperti sekolah umum tetapi disesuaikan dengan xiii kemampuan peserta didik. (3) Faktor penghambat di sekolah alam bengkulu mahira adalah kurangnya pemahaman guru-guru dan guru pendamping tentang anak berkebutuhan khusus dan tidak ada guru yang lulusan dari pendidikan luar biasa (PLB), kurangnya kepercayaan beberapa orang tua peserta didik kepada sekolah dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sekolah, dengan penghambat itu sekolah memiliki cara untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan rutin melakukan komunikasi dan pertemuan dengan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorGiyarsi, Giyarsi199108222019832006UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Dr. Adisel, M.Pd, Pembimbing II: Giyarsi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: implementasi pendidikan inklusif, anak berkebutuhan khusus.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:54
Last Modified: 15 Jul 2024 02:54
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item View Item