Susilawati, Lusy (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 50 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (635kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (625kB) |
|
Text
LUSY SUSILAWATI_NIM 1911240125.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN 50 Kota Bengkulu. Jenis penelitian pendekatan ex post facto, ex post facto adalah penelitian dengan melakukan penyelidikan secara empiris yang sistematik, di mana peneliti tidak mempunyai kontrol langsung terhadap variabel-variabel bebas (independent variables. Dengan jumlah siswa sebanyak 42 siswa, terdiri dari kelas IV A dan IV B. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, angket, motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan kesulitan belajar siswa, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama ada pengaruh motivasi belajar terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV di SDN 50 Kota Bengkulu, dengan nila Nilai (sig) untuk variabel variabel motivasi belajar (X1) sebesar 0,020 yang berarti lebih kecil dari nilai ɑ 0,05, maka dapat terdapat pengaruh secara parsial variabel motivasi belajar berpengaruh terhadap kesulitan belajar. kedua ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar sisa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu, Nilai (sig) dari variabel lingkungan keluarga (X2) sebesar 0,002 yang berarti lebih kecil dari nilai ɑ 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial lingkungan keluarga mempengaruhi kesulitan belajar siswa. ketiga ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV di SDN 50 Kota Bengkulu, dengan nilai Anova) nilai signifikan sebesar 0,02 lebih kecil dari 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi belajar (X1) dan lingkungan keluarga (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kesulitan belajar (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Salamah, SE, M.Pd Pembimbing II: Masrifa Hidayani, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Kesulitan Belajar Siswa. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 02:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 02:59 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2928 |
Actions (login required)
View Item |