STRATEGI GURU KELAS RENDAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA

Mubarakah, Wija (2024) STRATEGI GURU KELAS RENDAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
WIJA MUBARAKAH 2011240159.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru untuk mengatasi hambatan dalam menerapkam nilai-nilai karakter gemar membaca pada siswa dan apa faktror yang menyebabkan siswa kurang gemar membaca dan belum pandai membaca pada kelas rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apa saja Faktor yang menyebabkan siswa kurang Gemar membaca dan belum pandai membaca pada kelas rendah di SDN 16 Kota Bengkulu dan Bagaimana strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam menerapkan nilai-nilai karakter gemar membaca pada siswa kelas rendah di SDN 16 Kota Bengkulu. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Jenis penelitian ini, penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa kurang gemar membaca di SDN 16 Kota Bengkulu pada kelas IID, yaitu terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung antara lain sarana dan prasarana, materi/bahan ajar yang efektif, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat antara lain faktor lingkungan, kurang minat siswa dalam membaca, faktor intelektual (kecerdasan), dan faktor orangtua. Strategi yang dilakukan guru kelas rendah dalam menanamkan nilai karakter gemar membaca pada siswa yang dilakukan guru kelas IID, yaitu strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran melalui pengalaman, strategi pembelajaran tidak langsung, dan strategi pembelajaran mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorAsvio, Nova198901162020122007UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Khemarinah, M.Pd.I Pembimbing II: Dr. Nova Asvio, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Gemar membaca Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:03
Last Modified: 15 Jul 2024 03:03
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2931

Actions (login required)

View Item View Item