PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS lV SDN 20 KOTA BENGKULU

Soniyati, Ovie (2024) PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS lV SDN 20 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (316kB)
[img] Text
OVIE SONIYATI_1911240124.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Strategi Reading Guide adalah sebuah cara yang menggunakan bahan bacaan yang disertai dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan Strategi Reading Guide pada Pelajaran Bahasa Indonesia kelas lV di SDN 20 kota Bengkulu, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Strategi Reading Guide dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV SDN 20 kota Bengkulu. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Untuk analisis data mengunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan atau penarikan/verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi Reading Guide dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 20 Kota Bengkulu memotivasi peserta didik utuk lebih gemar membaca, membangkitkan minat baca anak, melatih siswa untuk lebih teliti dalam menjawab, guru lebih mudah mengetahui kelebihan dan kekurangan peserta didik dalam membaca, pembelajaran menjadi tidak bosan, menjadikan peserta didik mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Menerapkan strategi Reading Guide menjadikan pembelajaran lebih aktif dan menarik. Faktor pendukung dalam keberhasilan suatu pembelajaran adalah guru apa bila guru dalam penyampaian materi sudah baik maka materi yang disampaikan akan lebih cepat dan dengan mudah dipahami oleh peserta didik. Faktor penghambat penerapan strategi Reading Guide dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 20 Kota Bengkulu adalah dalam pembelajaranya dengan menerapkan strategi Reading Guide membutuhkan waktu yang relatif lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, Sutrian2029108903UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Dr. Suhirman, M.Pd Pembimbing II: Sutrian Efendi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Strategi Reading Guide, Pembelajaran Bahasa Indonesia,
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:42
Last Modified: 15 Jul 2024 08:42
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3011

Actions (login required)

View Item View Item