PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS E-LEARNING MELALUI FLIPBOOK HAKIKAT ILMU SAINS PENGUKURAN DAN METODE ILMIAH KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAR 52 BENGKULU

Lestari, Rika Ayu (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS E-LEARNING MELALUI FLIPBOOK HAKIKAT ILMU SAINS PENGUKURAN DAN METODE ILMIAH KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAR 52 BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (425kB)
[img] Text
RIKA AYU LESTARI_2011260005.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala diantaranya yaitu ketika proses pembelajaran IPA berlangsung di kelas, siswa masih kurang memahami materi dan merasa bosan karena pembelajaran masih kurang menarik dan efektif. Oleh sebab itu dikembangkanlah e-modul untuk menarik minat belajar siswa agar pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa bisa lebih mandiri dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan EModul IPA Berbasis E-Learning Melalui Flipbook Hakikat Ilmu Sains, Pengukuran Dan Metode Ilmiah Kelas VII Di SMP. Adapun jenis penelitian ini menggunakan research and Development (R&D) dan instrumen yang digunakan yaitu angket validasi terhadap kelayakan emodul dan respon siswa terhadap e-modul IPA. Subjek dalam penelitian adalah 3 orang dosen Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu yang terdiri dari 3 orang dosen ahli media, 3 orang dosen ahli materi, 2 orang dosen ahli bahasa dan 1 orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia , dan 1 orang guru IPA serta siswa SMP kelas VII C yang terdiri dari 28 orang siswa. Data dari analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen yaitu 87.3% (ahli media), 85.5% (ahli bahasa), 88.1% (ahli materi) dengan kategori layak digunakan. Kepraktisan e-modul pembelajaran IPA berdasarkan data hasil respon persepsi siswa dan persepsi guru IPA yang dilakukan pada uji coba skala besar menunjukkan bahwa e-modul IPA berbasis e-learning melalui flipbook hakikat ilmu sains, pengukuran dan metode ilmiah termasuk kreteria sangat praktis digunakan tanpa direvisi dengan persentase secara berurutan sebesar 83,43%. Dari hasil perhitungan uji-t satu sampel pada taraf signifikansi 0.05 dan derajat kebebasan (df) = 27, diperoleh thitung = 5.376 dan ttabel = 2.05183 Karena thitung > ttabel maka (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Hasil pembelajaran IPA siswa di SMP Islam Al Azhar 52 Bengkulu dengan menggunakan e-modul berbasis e-learning melalui flipbook lebih tinggi daripada KKM (75). Sedangkan pada perhitungan dari hasil perhitungan uji-t sampel berpasangan yang membandingkan nilai posttest dan pretest pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (df) = 27, diperoleh thitung = 13.959 dan ttabel 2.05183. Karena thitung > ix ttabel maka (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pembelajaran posttest siswa kelas VII C yang menggunakan emodul lebih tinggi dari nilai pretest sebelum menggunakan e-modul. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu e-modul yang dikembangkan telah efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi hakikat ilmu sains, pengukuran dan metode ilmiah untuk siswa kelas VII SMP Islam Al Azhar 52 Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuradi, A.19761192007011018UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Meirita199105242020122006UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Dr. A. Suradi, M.Ag Pembimbing II: Meirita Sari, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: E-Modul, E-Learning, Flipbook, Hakikat ilmu sains pengukuran dan metode ilmiah
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:55
Last Modified: 17 Jul 2024 01:55
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item