PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 156 SELUMA

Rosefi, Tiara Septa (2024) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 156 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (630kB)
[img] Text
TIARA SEPTA ROSEFI_2011240129.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SD Negeri 156 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Quasy Experiment, bentuk desain penelitian ini yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design sedangkan pengambilan sampel dengan teknik Sampling Jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas V A berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V B berjumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini berupa variabel bebas yaitu pengaruh metode outdoor study sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji "t" test. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SD Negeri 156 Seluma. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil posttest pada kelas V A (Eksperimen) yaitu 81,33 dan posttest pada kelas V B (Kontrol) yaitu 57,16. Hasil ini dilihat juga dari perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji “t” terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil belajar IPA kelas V A yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor study lebih berpengaruh daripada siswa yang diajarkan dengan tidak menggunkan metode pembelajaran outdoor study di kelas V B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
UNSPECIFIEDSuradi, Ahmad197601192007011018UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPutra, Erik Perdana198810172023211013UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof.Dr.Ahmad Suradi, M.Ag pembimbing II: Erik Perdana Putra, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Outdoor Study, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:14
Last Modified: 17 Jul 2024 02:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3045

Actions (login required)

View Item View Item