POLA PEMBELAJARAN SISWA KELAS UNGGUL PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Savitri, Riska (2024) POLA PEMBELAJARAN SISWA KELAS UNGGUL PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (858kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (279kB)
[img] Text
RISKA SAVITRI_1911210136.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Pembelajaran Siswa Kelas Unggul Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 03 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ada 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru pendidikan agama islam, 3 orang siswa kelas unggul. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclusing drawing). Melakukan pengecekan keabsahan data. Berdasaekan hasil penelitian yang ditemukan menunjukan bahwa pola pembelajaran di kelas unggul cenderung menggunakan pola pembelajaran tradisional I dan pola pembelajaran guru dan media, mengapa dikatakan begitu karena pada saat guru melakukan pembelajaran, guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, disini guru tidak terlalu sering menggunakan media gambar ataupun media visual, akan tetapi pola pembelajaran yang guru lakukan sudah cukup baik dan cara guru pendidikan agama islam memberikan pembelajaran di kelas unggul dan kelas reguler/biasa juga cukup berbeda. Hal ini dibuktikan dari hasil wawancara yang peneliti lakukan. Namun ada beberapa kekurangan yaitu, pertama guru menggunakan pola pembelajaran yang sama dalam mengajar di kelas unggul dan kelas reguler/biasa. Seharusnya ada pembeda dalam segi pemberian pembelajaran antara siswa kelas unggul dan siswa kelas reguler/biasa. Hal ini bertujuan agar siswa yang tergabung di kelas unggul mendapatkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Dan di gabungkan nya siswa-siswa yang berprestasi ke dalam kelas unggul bukan bertujuan untuk x mendiskriminasi siswa-siswa yang lain, melainkan untuk memberi motivasi kepada siswa-siswa yang lain agar lebih giat lagi dalam mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMindani, Mindani196908062007101002UNSPECIFIED
Thesis advisorSatrisno, Hengki199001242015031005UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Mindani, M.Ag Pembimbing II: Hengki Satrisno, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pola Pembelajaran, Kelas Unggul
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:54
Last Modified: 17 Jul 2024 02:54
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item